RAGAM

Dukung Aksi Puasa Pembangunan, Camat Malaka Timur dan Warga Hijaukan Felumasin

BETUN, Kilastimor.com-Camat Malaka Timur, Bernardus Bria bersama komponen masyarakat dari tiga desa melakukan reboisasi longsor Felumasin, Desa Wemeda, Kecamatan Malaka Timur, Jumat (24/3). Reboisasi yang dilakukan ini merupakan bentuk Aksi Puasa Pembangunan (APP) pada masa pra paskah umat nasrani di Paroki Kristus Raja Seon, Keuskupan Atambua.

Warga Malaka Timur beristirahat usai penghijauan.

Warga Malaka Timur beristirahat usai penghijauan.

Dalam APP tahun 2017 ini, Keuskupan Atambua ingin membangun kesadaran masyarakat dalam wawasan ekologis. Karena itu pihak gereja, khususnya Paroki Kristus Raja Seon bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, dalam hal ini kecamatan Malaka Timur, guna melakukan penghijauan di beberapa tempat yang mulai gundul.

Menanggapi hal ini, Bernadus Bria mengajak komponen masyarakat dari Desa Dirma, Desa Wemeda, dan Desa Raiulun untuk melakukan penghijauan di Jurang Patah Hati yang berada di wilayah Felumasin, Desa Wemeda, Kecamatan Malaka Timur. Tujuannya dari penghijauan ini agar dapat menahan hembusan tanah yang terus longsor setiap tahunnya akibat banjir dan air hujan.

“Saya bersama masyarakat dari tiga desa hari ini melakukan penghijauan di Jurang Patah Hati. Apa yang kita lakukan hari ini diharapkan dapat mengatasi langsing yang terjadi setiap tahunnya,” ujar Bernadus.

Bernadus menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam rapat antara para kepala desa dengan Bupati Malaka Stef Bria Seran ditekankan soal Revolusi Pertanian Malaka dengan menimbang berbagai aspek di wilayahnya masing-masing. Karena itu, Bernadus coba menyatukan persepsi antara ide dari Pemkab Malaka terkait dengan revolusi pertanian dan ide gereja dalam APP dengan melakukan reboisasi pada lahan gundul dan tandus.

Baca Juga :   Interkoneksi Transmisi Sistem Timor Gardu Induk TTU dan Belu Diresmikan

Bernadus juga menjelaskan bahwa di wilayah Kecamatan Malaka Timur ini sendiri terdapat enam desa. Desa lain yang tidak ikut dalam kegiatan ini melakukan hal yang sama di wilayah desanya masing-masing.(richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top