RAGAM

Kabupaten Kupang Dijatah 37.000 Ekor Sapi UPSUS-SIWAB

OELAMASI, Kilastimor,com-Swasembada pangan asas hewani, merupakan bagian dari upaya mencapai program untuk pencapaian kedaulatan pangan nasional, maka pemerintah mengupayakan ketersediaan Sapi Bunting untuk keberlanjutan program swasembada ini. Menjawab program ini, Kabupaten Kupang dijatah 37.000 ekor Sapi Upsus-Siwabi.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan Kupang, Robert Laha, dalam rapat lengkap, pada Selasa (7/3), di aula Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Kupang. Untuk diketahui bahwa, rapat lengkap ini membahas khusus Upaya Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS-SIWAB).

Rakor

Rapat lengkap Dinas Peternakan Kabupaten Kupang.

Robert menambahkan, selain program nasional, Kabupaten Kupang menjadi barometer dari NTT sebagai provinsi ternak, sehingga dari target nasional UPSUS-SIWAB 4 juta akseptor atau sapi, NTT dijatah 158.600 akseptor untuk Inseminasi Buatan (IB) dan Kawin Alam (KA).
Untuk menjawab target tersebut, menurut Robert, perlu dilakukan sinkronisasi dan penyamaan persepsi antara Dinas dan tenaga lapangan yakni petugas medik veteriner, dokter hewan, para medis, dan inseminator tingkat Kabupaten Kupang.

“Saya yakin dan membrikan apresiasi untuk semua teman-teman di lapangan, karena kesiapan tenaga teman-teman untuk kita sama-sama mensukseskan program dan target yang diberikan pemerintah pusat kepada kita. Sehingga, melalui rapat ini, saya ajak teman-teman untuk menyamakan persepsi untuk gerekan bersama,” tandas Robert.

Robert juga menjelaskan bahwa, guna implementasi program UPSUS-SIWAB ini, Disnak menerapkan setiap minggu tiga hari kerja untuk gerakan bersama UPSUS-SIWAB. Dimana menurut Robert, pada setiap kecamatan yang digarap, hari pertama dilakukan penanaman hijauan makanan ternak, hari kedua pelAynan kesehatan ternak dan hari ketiga dilakukan IB dan KA.

Baca Juga :   SBS-DA akan Bangun SDM Aparatur Pemerintahan

Untuk diketahui bahwa, penanaman hijuan makanan ternak, dimasukan paket program tersebut, karena kegiatan ini guna mensuksekan program pemerintah pusat, yakni pengembangan kawasan di kabupaten Kupang. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top