RAGAM

Kades Otan Pasang dan Sosialisasi Penggunaan Tempat Sampah

OELAMASI, Kilastimor.com-Pemerintah Desa Otan, Kecamatan Semau, terus berbenah diri, teutama dalam hal penataan kebersihan dan lingkungan.

Seperti diberitakan kilastimor.com sebelumnya, bahwa PT. TOM, melalui CSR-nya membantu desa Otan dengan 20 buah tempat sampa. Kamis pekan lalu, kepala desa bersama tenaga pemasang tempat sampah yang ditunjuk langsung PT. TOM, tempat sampah yang sudah diberikan ke pemerintah Desa Otan.

Kades Otan sosialisasi membuang sampah pada tempatnya.

Kades Otan sosialisasi membuang sampah pada tempatnya.

Kepala Desa Otan, Yos Lasi kepada kilastimor.com, pada Senin (13/3) kemarin menjelaskan, dirinya bersama tim dari PT. TOM, telah memasang tempat sampah yang disumbangkan oleh PT. TOM di tiap-tiap dusun di desa Otan. Utamanya menurut Yos, pemasangan dilakukan di depan kios-kios yang ada di tiap-tiap dusun.

“Kami melihat bahwa, potensi banyak sampah yang dibuang adalah di kios. Karena kios selalu menjadi tempat orang berkumpul dan berbelanja, sehingga harapan kami, dengan adanya sampah yang dipasang, dapat memininalisir kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan,” jelas Yos.

Ketika ditanya tentang keberlanjutan pemanfaatan tempat sampah tersebut, Yos mengatakan bahwa kebersihan merupakan salah satu prioritas pemerintah desa Otan. Sehingga, rencanya Yos bersama aparat dea yang lain dan BPD akan menyusun Perdes tentang kebersihan lingkungan dan membuang sampah.

“Nanti kita akan buatkan perdes tentang membuang sampah sembarangan. Jadi masyarakat yang buang sampah sembarangan, termasuk juga kepala desa dan aparat desa, akan didenda,” tegas Yos.
Selain itu menurut Yos, kalau kebersihan sudah berjalan bagus, dirinya akan tingkatkan ke pengembangan pariwisata.

Baca Juga :   Mahasiswa Malaka Minta Perekrutan Teko Dievaluasi, Karena Merugikan Keuangan Daerah

Dimana menurut Yos, wisata bahari pantai di Desa Otan sangat menjanjikan. Untuk itu dirinya berjanji setelah penyusunan RPJMDes, RKPDes dan APBDes, dirinya mulai fokus di penhembangan pariwisata. Karena selain pantai, desa Otan juga memiliki potensi tempat pemandian air kriatal Uisimu, dan Uibalu.

Untuk diketahui, setelah pemasangan tempat sampah, Yos melakukan sosialisasi menggunakan tempat sampah yang sudah dipasang. Sosialisasi ini dilakukan Yos di SD Negeri Otan. Pada kesempatan ini, dirinya berharap pihak pemerintah atau pihak ketiga bisa membantu satu buah unit motor tiga roda untuk mengangkut sampah di tiap-tiap dusun. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top