RAGAM

Ketua Komisi V DPR RI Tinjau Rumdis Polres Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Ketua Komisi V DPR RI, Fary Dj. Francis didampingi Dirjen Cipta Karya Direktorat Bidang Perumahan Kemeterian PUPR Agus Gunawan, Wakapolres Belu, Dinas Perumahan Belu meninjau perumahan dinas (Rumdis) Polres Belu yang terletak di belakang kompleks Mako Polres, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Jumat (3/3/2017) siang.

Fary Francis tinjau Rumdis Polres Belu.

Fary Francis tinjau Rumdis Polres Belu.

Kondisi perumahan dinas berjumlah kurang lebih 50-an yang terletak di sepanjang bantaran sungai Talau batas dengan kompleks Kodim Belu itu sudah tidak layak lagi untuk ditempati personel Polres. Pasalnya kondisi bangunan rumah dinas yang diperkirakan dibangun sekitar puluhan tahun silam itu sudah mulai rusak.

Setibanya di kompleks, Ketua Komisi V didampingi Direktorat Bidang Perumahan, Wakpolres dan Kadis Perumahan Belu masuk ke salah satu rumah dinas anggota Polisi yang berdinding bebak. Selain melihat ruang tamu, juga ruang belakang hingga ke dapur belakang. Hal itu dimaksud guna melihat secara dekat dan langsung kondisi bangunan rumah Dinas Polres Belu.

Dihadapan Ketua Komisi V bersama rombongan, Waka Polres Belu Kompol Okto Wadu Ere mengakui, selama ini Polres Belu mengalami kendala dengan kebutuhan air bersih untuk keperluan anggota juga yang terutama untuk pelayanan tahanan. “Kebutuhan mendasar pertama yakni masalah air bersih. Kami terbatas dana, sehingga hanya membeli air tangki untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar dia.

Baca Juga :   NPHD Dana Pengamanan Pilkada Belu Diteken. Ini Nilainya

Dikatakan, hal lainnya kebutuhan rumah dinas bagi anggota Polres Belu sebab banyak rumah yang sudah tidak layak untuk dihuni. Kondisi perumahan dinas ada permanen dan semi permanen, 16 permanen ada kamar lengkap sedangkan sisanya rumah berdinding bebak.

Terkait hal itu, Farry Francis meminta agar bantuan tiga sumur bor yang akan dibangun dalam tahun ini satu titiknya di kompleks Polres Belu dan sisanya duanya silakan ditentukan titik lokasi. Polres belu silakan mengusulkan proposal untuk pembangunan rumas khusus.

“Hari ini langsung survei satu titik sumur bor Polres Belu, sehingga tidak kesulitan air bersih lagi. Kita ikuti mekanisme yang ada, Polres silakan ajukan. Kita hanya sebatas menjembataninya saja, kewenangan anggaran ada di Mabes kita siap ketok palunya,” ujar dia.

Usai tinjau perumahan Dinas Polres Belu, Ketua Komisi V DPR RI bersama rombongan melanjutkan agenda dengan meninjau pembangunan rumah instan sehat dan sederhana (Risha) yang terletak di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur serta Desa Dualaus dan Fatuketi di Kecamatan Kakuluk Mesak. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top