POLITIK

Lu Olo Diprediksi Menangi Pilres Timor Leste Senin Besok?

DILI, Kilastimor.com-Senin (20/3/2017) besok, Timor Leste akan menggelar Pemilihan Presiden (Pilpres). Pilpres Timor Leste 2017 akan diikuti delapan calon.
Mereka diantaranya, Fransisco Lu Olo Guterres dari Partai Fretelin dan CNRT, Antonio Maher Fatuk Mutin diusung Partai Sosialis Timor, Antonio da Conceicao diajukan Partai Demokrat, Amorim Dias dari independen, Jose Luis Guterres dari independen, Angela Freitas dari Partai Trablista (Worker Party), Luis Tilman calon independen dan Aniceto das Neves yang juga calon independen.

Fransisco "Lu Olo" Guterres

Fransisco “Lu Olo” Guterres

Benigno Tilman salah satu pengamat politik Timor Leste, yang dimintai komentar dan prediksinya, Minggu (19/3) mengungkapkan, masyarakat Timor Leste akan menggunakan hak pilihnya, Senin besok.
Para kandidat presiden paparnya, telah melakukan kampanye di 13 municipal atau kabupaten di Timor Leste, Dari kampanye yang ada maupun hasil analisa, kandidat terkuat Presiden Timor Leste lima tahun ke depan masih dipegang Fransisco “Lu olo” Guterres, yang diusung oleh dua partai besar di Timor Leste yaitu Partai Fretilin sebagai partai penguasa saat ini, dan Partai CNRT yang didirikan dan dibesarkan oleh Maun Bot Xanana Gusmao.

Dikemukakan, dari semua kandidat yang ada, Lu olo memang memiliki kapasitas lebih untuk memimpin Tiles lima nanti. Selain sebagai leader dan pejuang kemerdekaam Tiles bersama Xanana dan lain-lain, dia juga mempunyai pengalaman dan visi misi yang mumpuni.

Baca Juga :   Minggu, SBS-DA Deklarasi dan Langsung Daftar di KPU

Lu Olo sebutnya, pernah menjadi Presiden Parlemen Timor Leste, Ketua Umum atau Presiden Partai Fretelin dua periode hingga kini, dan Presiden CPLP atau komunitas negara-negara pengguna bahasa portugis sampai sekarang dan sejumlah jabatan lainnya.

Dia menambahkan, dirinya tidak menafikan calon yang lain, namun mayoritas masyarakat diprediksi akan memenangkan Lu Olo sebagai presiden Timor Leste. Lu Olo bilangnya, mendapat kepercayaan mayoritas dukungan dari masyarakat 13 Municipal yang ada. (til)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top