POLITIK

Lu Olo Menangi Pilpres Timor Leste Berdasarkan Hasil Real Count

DILI, Kiilastimor.com-Frasisco Guteres Lu Olo memenangi Pemilihan Presiden Timor Leste (TLS). Berdasarkan hasil real count pada, Selasa (21/3). Pilpres TLS itu sendiri berjalan dengan damai.

Frasisco Guteres Luolo berhasil memenangi Pilpres TLS. Dari data pebghitungan cepat, Luolo unggul jauh dibanding 7 orang calon lainnya.

Lu Olo bersama istri.

Lu Olo bersama istri.

Calon presiden nomor urut dua ini mendapat 294.938 suara atau 57.08% dukungan masyarakat TLS. Sedangkan yang mendekati Luolo adalah calon nomor urut 8 atas nama António Da Conceicao dengan perolehan 167.760 suara atau 32.47 persen

Di Distrik Lospalos, Luolo mendapat dukungan suara sebanyak 68 persen. Hal ini disebabkan masyarakat di Distrik Lospalos sendiri berkeinginan besar agar Luolo memenangi pilpres.

Lolalina freitas, salah satu warga Distrik Lospalos mengatakan bahwa masyarakat di Lospalos sangat antusias dalam pesta demokrasi ini. Karena begitu antusiasnya sampai sebahian besar warga tidak tidur semalaman karena menunggu hari pemilihan pilpres berlangsung.

“Warga di sini sangat antusias dengan pesta demokrasi ini. Bahkan mereka sampai tidak tidur hanya karena mau menunggu hasil dari pesta demokrasi ini,” ujar Lolalina.

Akan tetapi, ada sedikit penyesalan dari Lolalina karena tidak efektifnya metode Pilpres TLS dimana semua warga hanya boleh memilih di distrik asalnya. Akibatnya, banyak pelajar yang berada di Ibukota Dili, tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

Baca Juga :   Targetkan Betun Kota Terbersih, Pemkab Bakal Tambah Pasukan Kuning
Hasil perhitungan Pilpres.

Hasil perhitungan Pilpres.

Menurut data yang diperoleh dari Servisu tekniko Adiministrativo Eleitor (STAE) dan Comisaun Nasional Elicoens (CNE). Total yg sebenarnya untuk ikut pemilihan itu ada 743.000 suara. Akan tetapi, yang ikut pemilihan itu hanya 462.000 suara.

“Sistem pemilihannya kurang efektif. Sebagian masyarakat tidak berpartisipasi pesta demokrasi ini lebih-lebih para pelajar yang tinggal di ibu kota,” ujarnya.

Terlepas dari semua permasalahan itu, Luolo sudah hampir dipastikan memenangi Pilpres TLS. Menurut Constansio Dos Santos, salah seorang warga Distrik Lospalos, mengatakan bahwa pilpres yang dimenangkan oleh Luolo tidak terlepas dari peran penting partai yang mengusugnya. Luolo berasal dari Partai Fretilin dan didukung oleh Partai CNRT yang dipimpin oleh figur Xanana yang sangat disegani oleh Masyarakat TLS.

“Sebelum pemilihan, kita sudah prediksi bahwa kandidat nomor 2 pasti menang karena kampanyenya dilakukan oleh kedua partai terbesar di Timor Leste ini,” tutur Dos Santos.

Perlu diketahui, dari semua kandidat yang ada, Luolo memang memiliki kapasitas lebih untuk memimpin. Selain sebagai leader dan pejuang kemerdekaam Tiles bersama Xanana dan lain-lain, dia juga mempunyai pengalaman dan visi dan misi yang mumpuni.

Lu Olo pernah menjadi Presiden Parlemen Timor Leste, Ketua Umum atau Presiden Partai Fretelin dua periode hingga kini, dan Presiden CPLP atau komunitas negara-negara pengguna bahasa portugis sampai sekarang dan sejumlah jabatan lainnya. (miquitho fallu)

Baca Juga :   Kapolsek Lamaknen: Unik Alasan Pelaku Selundup Beras dari Timor Leste
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top