EKONOMI

Melihat dari Dekat Usaha Kelompok Ternak Mointabua

OELAMASI, Kilastimor.com-Mointabua adalah salah satu kelompok peternak yang berada di Dusun V, Desa Sahraen, Kecamatan Amarasi Selatan. Kelompok usaha ternak ini sudah terbentuk sejak tahun 2013.

Saat dijumpai Sabtu (11/3), Ketua Kelompok Mointabua, Melkisedek Nitu sedikit berkisah.
Sejak di-SK-kan, yakni pada tahun 2013, kelompok ini belum memiliki kegiatan seperti saat ini. Ketua kelompok yang akrab disapa Melki ini, mengatakan bahwa, walaupun waktu itu mereka belum mendapat bantuan, tetapi dirinya selalu memotivasi teman-temannya agar tidak menyerah. Bahkan dirinya menggerakan teman-temannya untuk menanam lamtoro.

Kelompok peternak di

Kelompok peternak Mointabua

Ketika tahun 2015, dalam penantian yang panjang, akhirnya doa mereka terjawab, melalui dinas Peternakan Kabupaten Kupang, kelompoknya mendapatkan bantuan bibit pakan ternak jenis lamtoro tramba. Ketika mendapakan bantuan Lamtoro jenis tramba itu, dirinya memotivasi teman-temannya untuk semakin bersemangat lagi, terutama dalam upaya menanam pakan.

Selang beberapa bulan kemudian, kisah Melki, melalui pemerintah Kabupaten Kupang, kelompoknya mendapat bantuan sapi kopel sebanyak 15 ekor.

Menurut Melki, 15 ekor sapi itu terdiri atas 10 ekor sapi betina, dan 5 ekor sapi jantan. “Hingga saat ini dari 15 ekor sapi itu, sudah ada yang beranak, dan saat ini jumlah 5 ekor anak sapi, sehingga kami sudah memiliki 20 ekor sapi pembibitan,” jelas Melki.

Ketika disambangi kilastimor.com, dibilangan Dusun 5, Sahraen, saat ini Melki bersama anggotanya sedang memilki usaha peternakan, dengan jumlah sapi penggemukan, sebanyak 60 ekor. Menurut Melki, dirinya sengaja menetapkan 10 orang untuk tergabung dalam usaha ini, karena kegiatan ini dalam rangka memberikan contoh untuk masyarakat sekitar, agar melihat peternakan penggemukan sapi, sebagai usaha utama. Selain itu, ketua sendiri menilai kemampuan anggota.

Baca Juga :   Tanggul Darurat Lindungi Warga Kleseleon dan Motaulun

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top