NASIONAL

Miliki Program Pemberdayaan Masyarakat, Watimpres Apresiasi Satgas Pamtas RI-RDTL

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Republik Indonesia mengapresiasi Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 641/Beruang dalam melaksanakan tugas pokok Mabes TNI pengamanan wilayah perbatasan Negara Indonesia dan Timor Leste. Wantimpres juga mengapresiasi kesuksesan pelaksanaan program Satgas serta program sampingan pemberdayaan masyarakat perbatasan Belu.
Hal itu disampaikan Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo dalam pertemuan tim Watimpres bersama Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru di Aula Mako Satgas Pamtas Sektor Timur di Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Timor Barat, Kamis (23/3/2017).

Wantimpres pose bersama jajaran Satgas Pamtas

Wantimpres pose bersama jajaran Satgas Pamtas

Turut hadir dalam pertemuan itu tim Watimpres, Letjen TNI (Purn) M. Yusuf Kartanegara serta rombongan tim, Dansatgas Yonif Raider 641/Bru, para Perwira Staf, Kasdim 1605/Belu, Danpom, Wakapolres dan Danki Brimob. Dansatgas Letkol Inf. Wisnu Herlambang memaparkan seluruh laporan terkait pelaksanaan tugas pokok pengamanan perbatasan, program pembinaan teritorial TNI serta program sampingan yang telah dilaksanakan dengan baik dan lancar di 20 Pos Satgas di garis perbatasan.

Selama sembilan bulan melaksanakan tugas menjaga wilayah kedaulatan NKRI di perbatasan Belu dengan negara Timor Leste, Batalyon asal kota Singkawang, Kalimantan Barat ini juga telah melaksanakan berbagai program Satgas yakni kegiatan bakti sosial seperti aksi peduli masyarakat perbatasan bagi masyarakat pelosok di 20 pos perbatasan Satgas Yonif Raider 641/BRU yang berada di garis perbatasan.

Baca Juga :   Sahabat Resmi Mendaftar. KPU Kota Kupang: Berkas Lengkap

Selain itu pula, program sampingan Satgas dibidang pertanian yakni budidaya pengembangan tanaman ubi ungu, sebagai wujud mendukung salah satu program Pemkab Belu budidaya ubi ungu. Budidaya ubi ungu selain di Mako Satgas juga dilaksanakan di seluruh Pos Satgas dan telah dipanen hasilnya dibagikan secara gratis kepada warga perbatasan.

Sembilan bulan sudah Satgas Yonif Raider 641/Bru bertugas melakukan pengamanan wilayah perbatasan RI-RDTL sektor timur dan akan purna tugas di awal bulan April nanti. Batalyon Raider 712/Wiratama asal Kota Manado, Propinsi Sulawesi Utara akan gantikan Yonif Raider 641/Bru sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL.

Mantan KSAD TNI itu berharap nantinya pengganti Satgas Pamtas yang baru Yonif Raider 712/Wiratama terus melanjutkan apa yang telah dilakukan dan ditinggalkan Satgas sebelumnya. Baik itu program utama Mabes seperti serbuan teritorial sebagai strategi penguatan kemanunggalan TNI dan rakyat juga program sampingan pemberdayaan masyarakat perbatasan. Dan tetap menjaga serta terus meningkatkan hubungan kerja yang lebih baik lagi dengan Pemkab, Kepolisian, keamanan lintas sektor lainnya, tokoh agama dan masyarakat sehingga tetap terjaga hubungan yang harmonis di wilayah perbatasan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top