HUKUM & KRIMINAL

Revolusi Mental Anggota, Kapolres Kupang akan Gandeng Depag

OELAMASI, Kilastimor.com-Dalam upaya melakukan revolusi mental anggotanya, Kapolres Kupang, AKBP Adjie Indra Dwiatma, S.IK, rencananya akan membangun kerja sama dengan Departemen Agama. Menurut Adjie, kerjasama ini akan dilakukan melalui Satuan Binmas (Sat Binmas). Hal ini disampaikan Adjie, usai melakukan rapat koordinasi dengan Sat Binmas dan ditemui kilastimor.com di ruang kerjanya, pada Senin (20/3) lalu.

Kapolres Kupang

Kapolres Kupang

Menurut Adjie, melalui Sat Binmas, lembaga yang dipimpinnya akan melakukan sinkronisasi program dengan Depag, untuk melatih anggotanya  menjadi polisi yang memiliki kemampuan spiriual, layaknya tokoh agama yang ada di masyarakat.

“Kerja sama program dengan depag ini, kami akan lakukan untuk mempersiapkan anggoata polisi yakni Bayangkhara Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), untuk bisa seperti tokoh agama yang juga menyampaikan hal-hal rohani bagi masyarakat,” jelas Adjie.  

Adjie melanjutkan, dalam upaya untuk melakukan revolusi mental ini, dirinya melakukan pembenahan secara inernal, terutama dalam hal merubah minset. Dimana dirinya berusaha  merubah minset anggotanya untuk menjadi sahabat masyarakat.

Menurut Adjie seorang polisi harus ada perubahan dalam dirinya. Dan, baginya cara untuk seseorang berubah, terutama seorang polisi adalah dengan pendekatan spiritual. Untuk itu Adjie menambahkan, dalam waktu dekat setelah membangun kerjasama dengan Depag, setiap hari kamis dirinya secara rutin mengundang berbagai tokoh agama untuk memberikan pencerahan kepada anggotanya.

“Saya harapkan, setiap hari kamis dengan pendekatan spiritual, ada tokoh agama yang kami akan undang ke sini untuk memberikan ceramah, agar anggota saya, melakukan pekerjaan seorang polisi baik, sifatnya bisa sesuai dengan perintah dari Tuhan, dan memiliki motivasi serta wawasan berpikir yang baik,” harap Adjie.

Baca Juga :   Matutina: Tidak Ada Keterlibatan Bupati dan Ketua DPRD Malaka dalam Kasus Pengadaan Bawang Merah

Sementara itu, dalam upaya mendekatkan pelayanan, menciptakan situasi kondusif dan merubah image masyarakat terhadap lembaga kepolisian, maka Polres Kupang melakukan berbagai mimbar Kamtibmas.

Kasat Binmas, AKP Moris A. Ilu, ketika ditemui di ruang kerjanya di Polres Babau mengatakan, saat ini telah melakukan beberapa kali mimbar kamtibmas di beberapa gereja di Kabupaten Kupang.  Menurutnya, hal ini merupakan upaya pencegahan terhadap ancaman ketertiban masyarakat yang dilakukan dengan pendekatan spirtual dan lebih kepada edukasi.  

Moris menambahkan, pendekatan yang dilakukan melalui rumah ibadat dan tokoh agama, merupakan strategi pendekatan sosial yang lebih baik. Dirinya menguraikan bahwa, sebenarnya bisa juga melalui pemerintah desa, tetapi pendekatan melalui  tokoh agama dan rumah ibadah akan lebih cepat didengar oleh masyarakat, karena ini lebih kepada kerohanian masyarakat sebagai jemaat.

“Menurut saya cara tersebut lebih kepada urat nadi masyarakat, karena menyentuh sekali. Dimana menurut saya tokoh agama adalah orang yang selalu melakukan sesuatu yang baik, menjadi teladan dan  yang dibicarakan selalu menyentuh nurani manusia yang berhubungan dengan Tuhan. Sehingga, saya yakin apa yang disampaikan selalu didengar oleh jemaat atau masyarakat,” jelas Molris.

Dirinya berharap, karena kabupaten Kupang sangat luas dan personilnya sedikit, sehingga dirinya akan melibatkan 65 Babinkam dan 16 Kapolsek yang ada  Kabupaten Kupang. Dimana, akan dihimbau agar semua Kapolsek dan anggota  akan melakukan mimbar kamtibmas di setiap rumah ibadah di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga :   Danrem 161/Wira Sakti Resmi Tutup Opster TNI 2018

Untuk diketahui kegiatan mimbar kamtibmas ini sudah berlangsung sejak Februari 2017. Rencananya dalam satu bulan akan dilakukan enam kali  di gedung ibadah seperti Masjid, Gereja Protestan, Katolik dan lain sebagainya. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top