HUKUM & KRIMINAL

Senin 27 Maret, Polda NTT Resmi Naik Status Tipe A. Wantimpres Sambangi Polda Pantau Kesiapan

KUPANG, Kilastimor.com-Bila tak ada hambatan, terhitung Senin, 27 Maret 2017 mendatang, Polda NTT resmi naik status dari tipe B menjadi tipe A. Sesuai informasi yang dikumpulkan kilastimor.com dan press release dari Humas NTT, kenaikan status Polda NTT ini dipastikan, ketika sebanyak 10 Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) bidang hukum menyambangi Markas Polda (Mapolda) NTT, pada Selasa (21/3) lalu. Watimpres bersama Kapolda, Brigadir Jenderal Polisi, Agung Sabar Santoso dan para pejabat utama Polda NTT, melakukan rapat di ruangan Vicon lantai II Mapolda NTT.

Brigjen Pol, Agung Sabar Santoso

Brigjen Pol, Agung Sabar Santoso

Dipimpin Letjen (Purn) M. Yusuf Kartanegara, tim ini melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Mapolda NTT untuk membicarakan kesiapan Polda NTT terkait kenaikan status dalam berbagai hal. Pada kesempatan ini Yusuf menjelaskan, dengan peningkatan status Tipe A, Polda NTT menjadi bertambah pula kerja-kerja dari Polda NTT. Selain itu, tuntutan-tuntutan seperti sarana pendukung untuk pelaksanaan sesui tuntutan Tipe. Selain itu, dengan kenaikan status itu, Kapolda NTT resmi naik jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) dan Wakapolda jadi jenderal bintang satu atau Brigjen.

Kapolda NTT, Brigjen Pol, Agung Sabar Santoso mengatakan, kehadiran Watimpres di Mapolda NTT, selain berkaitan dengan masalah perbatasan, juga berbicara tentang peningkatan tipologi status Polda NTT dari Tipe B menjadi Tipe A.
Terkait peningkatan tipologi Tipe B menjadi tipe A, kata Jenderal Agung, pengutamaan harus lebih pada peningkatan pelayanan dan mampu meningkatkan rasa nyaman.

Baca Juga :   Jaga Keseimbangan Alam. Jangan Potong Pohon dan Buru Satwa Langka

Dirinya melanjutnya, dalam dialog bersama Wantimpres, Kapolda menyampaikan bahwa Polda NTT masih membutuhkan jumlah personil, peningkatan sarana dan prasana.
Untuk diketahui bahwa, Polda NTT adalah salah satu dari tiga Polda di Indonesia, yang naik status dari tipe B ke A. Ketiga polda itu adalah Polda Sumatera Barat, Polda Nusa Tenggara Timur dan Polda Maluku. Dan, perubahan tipe ketiga polda itu, tidak terlepas dari keputusan Presiden Joko Widodo untuk mengubah Struktur Organisasi dan Tata Kelola Polri, pada awal tahun 2017 ini. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top