RAGAM

146 SMP di Kabupaten Kupang akan Jalani UN Manual Akibat Minim Fasilitas dan Jaringan Internet

OELAMASI, Kilastimor.com-Bila tak ada aral melintang, pada Selasa 2 Mei 2017 mendatang, akan dilangsungkan ujian Nasional (UN) secara manual tingkat SMP.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Imanuel M. E. Buan, di ruang kerjanya, pada Kamis (26/04) lalu.

“Untuk diketahui bahwa, sejumlah 146 SMP baik swasta maupun negeri akan menjalankan UN sistem manual secara serentak di kabupaten Kupang, pada Selasa 2 Mei 2017 mendatang,” ungkap Imanuel.

Dikatakan, walaupun UN ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, tetapi karena sudah dijadwalkan demikian, sehingga tidak ditunda lagi. Untuk itu menurut Imanuel, demi terlaksananya UN dan dibarengi dengan upacara peringatan Hardiknas, dirinya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) atau pemberitahuan.

Dijelaskan, melalui SE tersebut, dirinya meminta agar upacara peringatan Hardiknas, cukup dihadiri siswa SMP kelas 1 dan 2, sedangkan Kelas 3 tetap melaksanakan UN.

UN tingkat SMP di Kabupaten Kupang, tidak dilakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Terkait hal ini, Imanuel mengatakan bahwa alasan tidak dilaksanakan UNBK, karena alasan mendasar, yakni fasilitas yang belum memadai serta akses jaringan internet yang masih rendah di hampir semua daerah di kabupaten Kupang.

“Mungkin kedepan UNBK tingkat SMP, bisa dilaksanakan, tetapi untuk tahun ini belum bisa, karena fasilitas yang kurang memadai dan jaringan internet yang belum menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Kupang, sehingga kita jalankan UN secara manual saja,” jelas Imanuel.

Baca Juga :   Mahasiswa Malaka Minta Perekrutan Teko Dievaluasi, Karena Merugikan Keuangan Daerah

Terkait persiapan jelang UN yang dimaksud, Iamanuel menjelaskan bahwa pihak sekolah telah menyiapkan segala hal teknis menyangkut pelaksanaan ujian nasional. Sedangkan terkait pengamanan dan pendistribusian logistik soal UN, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Polres Kupang dan telah diserahkan sepenuhnya ke setiap Polisi Sektor (Polsek). (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top