RAGAM

Advokasi Perda Disabilitas, OPD Bentuk Forum Peduli Disabilitas

KUPANG, Kilastimor.com-Sebagai tindak lanjut dari advokasi agar diterbitkannya Perda Disabilitas, maka sejumlah Organisasi Penyandang Disabilitas (OPD), membentuk Forum Peduli Disablitas (FPD).

Diskusi Perda Disabilitas.

Diskusi Perda Disabilitas.

Ketua OPD Persatuan Tunadaksa Kristiani, Serafina Bete, pada Rabu (5/3) kepada kilastimor mengatakan, forum tersebut dibentuk pada Sabtu, 1 April 2017 lalu. Fina menambahkan, forum tersebut dibentuk, dengan tujuan untuk menjawab kerinduan sejumlah Penyandang Disabilitas untuk mendorong pemerintah Provinsi NTT agar dapat menerbitkan Perda Disabilitas.

Selain itu menurutnya, Forum tersebut sebagai bagian dari menindaklanjuti pernyataan Winston Rondo, Ketua Fraksi Demokrat, yang juga anggota Komisi V DPRD Provinsi NTT.

Menurut Fina, Winston Rondo menyampaikan pernyataan bahwa, Ranperda Disabilitas yang disusun kali ini akan menjadi Perda Disabilitas. Untuk mengawal itu, dirinya dan beberapa DPO membentuk FPD. Menurut Fina, selain DPO, juga terlibat dalam FPD ini, berbagai aktifis dari LSM-LSM lokal, internasional, wartawan dari berbagai media, cetak, dan online, serta beberapa civitas hukum dari beberapa perguruan tinggi di NTT.

“Rencananya melalui forum ini, kami akan bersama-sama melihat kembali Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016, tentang Penyandang Disabilitas (CRPD) dan Sustainable Development Goals,” jelas Fina.

Fina menambahkan, saat ini, seluruh anggota FPD sedang melakulan berbagai kajian terhadap UU, Konvensi PBB tentang Penyandandang Disabilitas (CRPD) dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang berbasis kebutuhan di NTT. Selain itu FPD juga menurut Fina akan melakukan berbagai diskusi dengan komisi 5 DPRD Provinsi. Dirinya berharap, semakin banyak pihak yang peduli Disabilitas, dan turut memperjuangkan draft, hingga penetapan Perda Disabilitas nanti.

Baca Juga :   Kapolres Belu: Ojek Harus Jadi Pioner Keselamatan Berlalulintas

Untuk diketahui, dalam yang bertindak sebagai ketua Forum Peduli Disabilitas adalah Paulus Manek, yang juga ketua OPD Permata. Sementara Serafina Bete, sebagai Sekretaris. Selain itu turut terlibat dalam forum, OPD Pertuni dan beberapa OPD lainnya. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top