HUKUM & KRIMINAL

Polres Kupang Gelar Operasi Semana Santa Turangga 2017

OELAMASI, Kilastimor.com-Dalam rangka pengamanan hari raya Paskah tahun 2017, Polres Kupang menggelar Operasi Semana Santa Turangga 2017.

Kabag Ops pose bersama personil pengaman pos di Kupang Tengah.

Kabag Ops pose bersama personil pengaman pos di Kupang Tengah.

Kapolres Kupang, AKBP Adjie Indra Dwiatma, S.IK, di ruang kerjanya membenarkan persiapan yang sedang dilakukan oleh Polres Kupang. Menurut Adjie, Operasi Semanasanta kali ini, Polres Kupang melakukan kosentrasi pengamanan lebih fokus di daerah Kupang Barat, Kupang Timur, Kupang Tengah, dan Camplong. Sedangkan sebagai konsentrasi pengamanan, Polres Kupang mendirikan tiga pos pengamanan. Alasan konsentrasi pengamanan dilakukan di titik-titik ini, karena dinilai jemaat yang merayakan Paskah adalah di sekitar wilayah-wilayah tersebut.

Adjie menambahkan, untuk daerah Takari, Lelogama, Amfoang, Pulau Semau dan sekitarnya, pengamanan dilakukan oleh Polsek setempat. Sedangkan antisipasi, jika terjadi masalah menurut Adjie akan dilakukan rayonisasi dengan polsek terdekat.

“Jadi apabila terjadi masalah, maka kita akan lakukan sistem rayonisasi atau Polsek terdekat akan kita tarik untuk membantu melakukan pengamanan,” jelas Adjie.

Terkait personil yang diturunkan dalam pengamanan selama operasi Semana Santa, Adjie mengungkapkan bahwa, Polres Kupang menurunkan kekuatan penuh untuk mengamankan setiap daerah rumah ibadah yang dipadati umat. Dan, jumlah pesonil yang diturunkan adalah 280 personil. Selain itu, menurut Adjie, dalam operasi Semana Santa, pihaknya melibatkan TNI dan binaan Saka Bhayangkara yang ada.

Baca Juga :   Tae Bria Resmi Ganti Ama Bere Seran di DPRD Malaka

Disaksikan kilastimor.com, Kabag Operasional Polres Kupang, Teo F. Ngulu ketika mengunjungi dan melihat dari dekat persiapan Operasi Semana Santa, di Pos Pengamanan II di bilangan Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah. dia bersama Kasat Binmas melakukan koordinasi dengan personil yang bertugas di pos pengamanan tersebut.

Kepada kilatimor.com, Teo mengatakan tujuannya melakukan kunjungan ke pos pengamana untuk memastikan kesiapan pengamanan selama perayaan Paskah. Dijelaskan untuk setiap pos pengamanan akan ditempati oleh 15 personil, yang akan melakukan pergantian sift dan setiap sift akan ditempati oleh 5 orang personil.

Menurut Teo, setiap Pos membawahi beberapa gereja, dengan pembagian tugas patroli yang sudah diatur. Sehingga disamping melakukan pengamanan bagi masyarakat yang datang ke gereja, juga melakukan patroli untuk mengantisipasi segala sesuatu yang tidak diinginkan.

“Contohnya Pos Pengamanan yang ada di desa tanah merah ini. Pos ini yang mengamankan beberapa gereja dari daerah Bimoku sampai Oebelo. Jadi pos pengamanan ini yang berkonsentrasi mengamankan dan melakukan patroli di gereja-gereja yang ada di daerah ini,” jelas Teo.

Sementara model pengamanan yang dilakukan menurut Teo, meliputi pengamanan lalu lintas kendaraan, kemudian pengamanan setiap rumah ibadah, dan pengamanan lingkungan masyarakat.

Dia berharap kehadiran pos pengamanan yang ada, dapat memberikan rasa nyaman bagi masyarakat sekitar selama perayaan paskah. Untuk diketahui bahwa Operasi Semana Santa digelar sejak tanggal 7 April sampai 21 April 2017 mendatang. (qrs)

Baca Juga :   Lima Anggota KPU Malaka Dilantik Besok
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top