RAGAM

UNBK, SMAK Suria Atambua Selalu Koordinasi dengan Telkom Terkait Jaringan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Sejak Sabtu, (1/3/2017) sore jaringan telekomunikasi di wilayah perbatasan Belu dan Timor Leste mengalami gangguan atau eror dan baru kembali normal pada Minggu sore kemarin. Kondisi itu membuat pihak sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) panik. Beruntung situasi membaik.

Siswa SMAK Suria Atambua ikut USBK.

Siswa SMAK Suria Atambua ikut USBK.

Kepala Sekolah SMA Katolik Suria Atambua, Romo Benyamin Seran, Pr yang ditemui media disela-sela ujian, Senin (3/4/2017) mengaku, sejak hari Sabtu jaringannya agak tergganggu. Tapi masih beruntung karena Sabtu siang dilakukan sinkron data yang terakhir anak-anak sudah dikirimkan ke server masing-masing.

“Kita beruntung Sabtu siang itu sudah sinkron data anak, kirim ke setiap server. Setelah itu sore baru jaringan gangguan dan tidak berfungsi bahkan sampai kemarin pagi,” ujar dia.

Dituturkan, pagi tadi dirinya sangat gelisah dan panik karena apabila jaringannya macet, maka anak-anak tidak bisa mengikuti ujian dan akan mengikuti ujian susulan. Tapi susulan itu baik secara psikologis, kesiapan mentak anak terganggu.

“Dan kita tidak mengharapkan anak yang siap ikuti susulan hanya karena hal-hal teknisi dan kita tidak mau itu terjadi,” ucap mantan Kepsek SMA Seminari Lalian itu.

Karena itu lanjut dia, pihaknya selalu koordinasi dengan Telkom, dinas tingkat propinsi dan telkom siap siaga di lokasi ujian nasional. Bahkan dengan telkom sudah ada kontrak kerja atau MoU dan setiap hari ada murid yang belajar gunakan jaringan internet. Dari PLN ditempatkan satu genset untuk antisipasi gangguan listrik. Belu lakukan kontrak kerja, tapi kita selalu koordinasi dengan mereka.

Baca Juga :   Wawali Kupang: Cegah Stunting, Orang Tua Wajib Perhatikan Pola Makan Anak

Dikatakan, UNBK di SMA Suria diikuti 205 anak dan pelaksanaan ujian dibagi dua sesi. Sesi pertama ujian pukul 07.30 hingga 09.30 Wita, sedangkan sesia kedua pukul 10.30 sampai dengan 12.30 Wita. Ujian hari pertama telah berlangsung dan diharapkan sisa tiga hari kedepan jaringannya tidak macet atau gangguan, sehingga ujian lancar sampai selesai dengan akhir tanggal 6 mendatang.

“Ini hari pertama kita UNBK di sekolah ada 205 anak yang terdaftar ikut ujian. Kita harapkan kesehatan mereka tidak terganggu dan tidak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan supaya bisa ikut proses ujian sampai terakhir dan tetap genap,” pinta Romo Benyamin.

Pantauan media, kegiatan hari pertama ujian di ruang lab Sekolah swasta itu berjalan aman dibawah pengawasan guru. Selain SMA Suria Atambua ada tiga sekolah yang melaksanakan program ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di wilayah perbatasan Belu dan Timor Leste diantaranya, SMKN 1 Atambua, SMAN 1 Atambua dan STM Nenuk. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top