EKONOMI

Bupati Belu Buat MoU dengan PT. Mitra Bumdes Nusantara. Ini Langkah Bupati Kembangkan BUMDes

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemda Belu menandatangani MoU dengan PT. Mitra Bumdes Nusantara pada, Rabu (17/5) di Aula Hotel Nusantara Dua. Penandatanganan MoU ini bertujuan memaksimalkan sumber daya alam yang ada di desa dengan menggerakan BUMDes.

Bupati Belu teken MoU.

Bupati Belu teken MoU.

Bupati Belu Wili Lay yang ditemui awak media mengatakan bahwa Bulog Sub Divisi Atambua
Mensuport Bumdes. Hasil-hasil yang dijual Bulog, bisa juga di jual oleh desa melalui Bumdes.

Lebih lanjut Wili Lay menjelaskan bahwa Bumdes merupakan suatu badan usaha milik desa. Karena itu, Bumdes harus mandiri, tidak lagi bergantung pada pemerintah.

Dirut PT. Mitra Bumdes Nusantara, Abdulah Jawas menjelaskan MoU ini di buat untuk memaksimalkan sumber daya alam yang ada di desa. Salah satu masalah utama dari BUM Desa adalah pemasaran produk atau informasi pasar. Kehadiran PT. Mitra Bumdes Nusantara untuk menjawab masalah di atas.

Selain membantu untuk pemasaran, PT. Mitra Bumdes Nusantara yang juga merupakan anak dari Bulog ini, dapat mensuplai kebutuhan-kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat desa pada Bumdes untuk menjualnya.

Bicara soal masalah harga barang yang akan disuplai ke Bumdes, tentu harganya di bawah harga pasar. “Bumdes memang perlu mendapat keuntungan, tapi tidak lantas Bumdes semena-mena menjual di atas harga yang telah disepakati dengan Bulog”, tegas Jawas.

Merasa Bumdes merupakan salah satu badan usaha yang baik untuk mengembang perekonomian desa, Wili Lay berjanji untuk menyiapkan anggaran tersendiri melalui ADD untuk membangun Bumdes. Karena itu, diharapkan para direktur Bumdes harus ditempat orang-orang yang memiliki wawasan luas dalam hal ekonomi agar Bumdes bisa berkembang denhan baik.

Baca Juga :   Pusara Daniel Asa akan Dijadikan Salah Satu Ikon Malaka

“Modal awal nanti kita akan bantu dengan mengaloksikan dana ADD. Karena itu diharapkan agar menempatkan orang-orang yang mandiri sebagai direktur Bumdes. Tujuannya, aset 50 juta pertama yang kita pakai, suatu saat bisa berkembang menjadi 5 Miliar. Artinya Bumdes ini diharapkan untuk menjadu suatu perusahaan yang sehat”, ujar Wili Lay. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top