HUKUM & KRIMINAL

Bupati Kukuhkan 47 Orang Satgas Saber Pungli Kabupaten Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bupati Belu, Willybrodus Lay mengukuhkan 47 orang Pengurus Satgas Saber Pungli (Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar)Kabupaten Belu pada, Senin (29/5).
Willy Lay meminta agar para pegurus yang baru dikukuhkan perlu bekerja secara maksimal dalam mencegah praktek pungli dalam lembaga pemerintahan maupun swasta yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

Bupati pasang pin Sabet Pungli pada Wakapolres Belu.

Bupati pasang pin Sabet Pungli pada Wakapolres Belu.

Dalam sambutannya, Willy Lay mengatakan bahwa dirinya sering mendapat laporan kalau ada oknum-oknum dalam OPD yang masih melakukan pungli di tingkatan masyarakat. Selain itu, masih ada masyarakat yang kesulitan dalam mengurus dokumen-dokumen karena sistem yang dibuat terlalu berbelit-belit.

Oleh karena itu, dia meminta agar para pengurus Satgas Saber Pungli segera melaksanakan tugasnya dengan bekerja secara maksimal. Beliau juga meminta kepada masyarakat agar segera memberikan laporan kepada dirinya jika ada OPD yang melakukan pungli.

“Saya minta agar satgas segera bekerja melakukan pemantauan, kepada masyarakat saya juga meminta agar segera memberikan laporan jika menemukan ada upaya pungli,” tegas Willy Lay.

Menurutnya, pungli merupakan praktek yang sering terjadi karena Standar Operasional Prosedur (SOP) yang kurang jelas. Karena itu, Pengurus Saber Pungli perlu untuk membuat SOP secara jelas sehingga Satgas Saber Pungli perlu bekerja sesuai denga SOP dan menyediakan layanan pengaduan masyarakat.

Wakapolres Belu, Kompol Oktovianus Wadu Ere selaku Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Belu mengatakan siap melaksanakan tugasnya untuk memberantas pungli. Caranya, bekerja sama lintas sektor dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil baik dari inteligen hingga masyarakat.

Baca Juga :   4 Ton Semangka Beracun Dihancurkan

Kompol Oktovianus menegaskan bahwa satgas akan bekerja dengan melakukan pengawasan secara profesional. Jika ditemukan, maka akan segera di proses sesuai aturan.

“Selaku ketua, saya siap melaksanakan tugas, bersama anggota yang lainnya. Kita akan bekerja sama dan berkoordinasi untuk melakukan pengawasan lebih baik, agar tidak lagi terjadi pungli yang merugikan masyarakat”, tegas Kompol Oktovianus usai acara pengukuhan.

Perlu diketahui, Pengurus Satgas Saber Pungli Kabupaten Belu terdiri dari 47 orang yang tergabung dari unsur Kepolisian, Imigrasi, Bea Cukai, Kejaksaan, Inspektorat dan OPD terkait lainnya. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top