RAGAM

Duta Besar Uni Eropa Sambangi Pelatihan HI dan Bengkel APPeK

KUPANG, Kilastimor.com-Duta besar Uni Eropa untuk Indonesia, HE Mr Vincent Guérend, dalam rangkaian kunjungannya di NTT, menyempatkan diri menyambangi pelatihan yang sedang digelar Lembaga Handicap Internasional (HI) dan LSM Bengkel APPeK. Kunjungan Duta besar yang membawahi kurang lebih 28 Negara Uni Eropa ini, dilakukan di hotel Ima Kupang. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (29/5) siang. 

Dubes Ini Eropa kunjungi lokasi pelatihan.

Dubes Ini Eropa kunjungi lokasi pelatihan.

Dalam kunjungan ini Duta Besar yang dijuluki juga His Excellency (HE) ini, sempat melakukan dialog dengan peserta pelatihan. Mengawali diskusinya, HE Mr Vincent Guérend, menjelaskan tentang keberadaan dirinya sebagai Duta Besar dan tujuan dirinya datang di NTT. Dirinya menjelaskan bahwa, Sejak tahun 2015, ditugaskan di Indonesia. Di indonesia dirinya bersama pemerintah  Indonesia membangun kerjasama dalam bidang pembangunan, politik, perdagangan, dan kerjasama di bidang lainnya.

Dalam bidang-bidang tersebut HE Mr Vincent Guérend lebih fokus dalam beberapa bidang yang lebih spesifik. Bidang-bidang itu menurut HE Mr Vincent Guérend, seperti Pembangunan dan pemberdayaan. Lebih lanjut dirinya mengatakan dirinya lebih mendukung pendidikan, perubahan iklim, kehutanan, dan Good Goverment.

Dari beberapa kerjasamanya dengan bebrapa kemntrian, program-program telah dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Untuk itu, beberapa dirinya sedang juga melakukan kunjungna ke berbagai daerah di Indonseia, untuk melihat dari dekat progres berbagai program dari Uni Eropa.

Baca Juga :   Dapat 4.000 Blanko KTP-e, Disdukcapil Kota Kupang Kerja Lembur

“Salah satu daerah berkunjunga saya saat ini adalah NTT. Hari ini saya sudah bertemu dengan bapak Gubernur, Walikota, juga melihat program dukungan kami di pengadiln negeri NTT,”  jelas HE Mr Vincent Guérend, melalui penterjemahnya. 

Dirinya menjelaskan lebih lanjut, terkait kerjasama sudah banyak dibangun di di NTT. Dirinya mencontoh, dalam bidang pendidikan dasar, programnya memastikan standar minimum yang dapat diterapkan. Terutama dalam hal ini, pendidikan inklusi. Untuk penguatan kapasitas, di sumba pemerintah atas kerajasamanya dengan Uni Eropa telah diberikan penguatan dalam hal Good Goverment. 

“Untuk bidang pengembangan ekonomi, pariwisata, peternakan dan pertanian, lebih kepada Pengembangan atau pembangunan manusia. Dalam hal ini kami mendukung youth, kelompok-kelompok Marjinal, penyandang disajilitas dan kelompok rentan lainnya. Kami melihat bahwa selama ini kelompok ini tidak terlalu diperhatikan pemerintah, sehingga kami dorong pemerintah lebih lagi,” ungkap HE Mr Vincent Guérend, melalui penterjemahnya.

Di sisi lain menurut HE Mr Vincent Guérend, dalam proses perencanaan dan penganggaran, melalui programnya, disabilitas dilibatkan secara partisipatif.

Pada kesempatan ini, HE Mr Vincent Guérend, melakukan diskusi tanya jawab dengan beberapa peserta pelatihan. Peserta menyampaikan berbagai harapan. Seperti yang disampaikan oleh Nyonya Heny Amekan, dari kelompok Perempuan Usaha kreatif. Dirinya menyampaikan tentang keterlibatan pemerintah dalam berbagai program Uni Eropa. Dirinya mengatakan kadang setelah pelatihan dari Uni Eropa melalui HI dan Bengkel APPeK, tetapi setelah itu ada tindak lanjut dari pemerintah. Bahkan pada kesempatan ini, Nyonya Heny meminta, agar program Uni Eropa yang bekerjasama dengan pemerintah, sebaiknya di berikan saja kepada LSM seperti Bengkel APPeK, agar implementasinya jelas. 

Baca Juga :   INFORMASI

Terkait hal ini HE Mr Vincent Guérend mengatakan bahwa, ada prosedur yang harus dijalankan dalam bekerjasama. Dimana menurutnya, harus bekerjasama dengan Lembaga Internasional seperti HI. 

Untuk diketahui bahwa, pelatihan yang digelar HI bekerjasama dengan Bengkel APPek ini, berlangsung sejak Senin, 29- Selasa, 30 Mei 2017. Pelatihan ini bertajuk monitoring evaluasi partisipatif. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top