RAGAM

Gaet Warga Timor Leste, Mutu Pelayanan Kesehatan di Malaka Perlu Ditingkatkan

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran terus melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Malaka, termasuk Timor Leste yang membutuhkan.

Bupati Malaka tengah memberi keterangan pers.

Bupati Malaka tengah memberi keterangan pers.

Bupati Malaka dalam rapat kerja dengan tenaga medis, Jumat (5/5) di aula kantor bupati mengungkapkan, perlu ada angkah- langkah yang di buat di daerah perbatasan dalam bidang kesehatan. Misalnya, mutu pelayanan kesehatan. Selain itu fasilitas dan SDM juga perlu ditingkatkan, agar mampu menarik pihak luar, untuk datang ke Malaka.

Mutu bilangnya, harus dijaga agar masyarakat Malaka tidak boleh mencari pelayanan kesehatan di daerah lain. “Kalau masyarakat kita sering berobat di Suai atau Dili Timor Leste berarti pelayanan di rumah sakit kita tidak bagus, begitupun sebaliknya, kalau masyarakat di negara tetangga Timor Leste bisa berobat ke Malaka berarti pelayanan kita bagus,” ujar dia.

Bupati yang akrab di sapa SBS ini menambahkan, untuk meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP) Betun, perlu ditingkatkan enam elemen penting; Pertama, SDM. SDM ada 4 pilar yakni, umlah tenaga, jenis tenaga, kompotensi tenaganya dan persebarannya. Kedua, peralatan pendukung untuk para tenaga kesehatan ahli agar mampu melaksanakan tugas dengan baik. Ketiga, perbekalan kesehatannya seperti, obat-obatan, radiologi dan lain lain.

Keempat, bangunannya, bangunannya harus menunjukan sekat-sekat, yang fungsinya agar bisa berjalan dengan baik, misalnya dari poliklinik ke laboratorium, ke radiologi, ke kamar operasi, kamar rawat inap dan lain2. Kelima, sistem-sistem yang menunjang lainnya, misalnya pengambil darah dan rujukan dan Keenam, penganggaran dan pembiayaan. Anggaran dan satuannya harus sesuai dengan kebutuhan. (adhi teiseran)

Baca Juga :   Jelang Pembukaan Tour de Timor Jumat Besok, Pantai Motadikin Terus Dibenahi
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top