RAGAM

Kawasan Hutan Bukan Tempat Pembuangan Sampah. Pemkab Malaka Diminta Siapkan TPA

BETUN, Kilastimor.com-Kawasan Hutan Kateri kini menjadi tempat pembuangan sampah. Kondisi ini selain mencemar kawasan hutan, juga merusak kawasan hutan.

Inilah sampah yang dibuang di Hutan Kateri, Malaka.

Inilah sampah yang dibuang di Hutan Kateri, Malaka.

Hal ini perlu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Malaka dan Dinas Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi NTT melalui UPT agar meminimalisir pembuangan sampah di kawasan hutan.

Terpisah, Kepala UPT-KPH wilayah Kabupaten Malaka, Maria Yofita Seran, S.Hut ketika dikonfirmasi via telpon selulernya mengatakan, untuk mencegah tindakan pembuangan sampah di beberapa kawasan Hutan seperti Kateri dan Wemer, pemerintah Kabupaten Malaka melalui dinas terkait perlu menyiapkan tempat atau lokasi pembuangan sampah yang jelas. “Perlu disiapkan TPA sampah,” tuturnya.

Disamping itu, masyarakat juga perlu disadarkan melalui sosialisasi tentang pemanfaatan sampah…. “Masyarakat harus diberi pelatihan tentang proses daur ulang sampah menjadi pupuk organik atau bokasi,” lanjutnya.

Mantan Kepala Bidang Kehutanan pada Dinas Pertanian Kehutanan Kabupaten Malaka ini menambahkan, jika terus dibiarkan maka kawasan Hutan Lindung Kateri menjadi kotor dan hutan tidak produktif, udara menjadi tidak segar dan kualitas udara menurun

Tidak saja itu, bisa saja punah sejumlah spesies binatang dalam hutan tersebut dan yang paling rentan adalah terjadinya Kebakaran Hutan. (adhi teiseran)

Baca Juga :   Stefanus Bria Seran Rangkul Sesepuh dan Keluarga di Luar Malaka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top