HUKUM & KRIMINAL

Satgas Yonif Raider 721/WT Gagalkan Beberapa Penyelundupan di Perbatasan RI-RDTL

ATAMBUA, Kilastimor.com-Satgas Raider 721/WT gagalkan beberapa penyelundupan di wilayah perbatasan RI-RDTL pada, Rabu (17/5). Hal ini tidak lepas dari peran penting masyarakat di wilayah perbatasan yang aktif melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Para pelintas batas ilegal dan penyelundupan kerap terjadi di wilayah perbatasan RI-RDTL. Kegiatan ini silakukan oleh Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara RDTL. Hal ini memicu Satgas Yonif Raider 712/Wt untuk intens dalam menjaga perbatasan.

Terbukti dengan keberhasilan penggagalan penyelundupan dibeberapa pos. Pada, Rabu (17/5), Satgas Raider 721/WT menggagalkan penyelundupan BBM sebanyak 625 liter BBM jenis Bensin terjadi di dua tempat berbeda. Penggagalan pertama sebanyak 300 liter bensin dilakukan oleh anggota Pos Damar II pada pukul 01.15. Selanjutnya penggagalan penyelundupan bensin sebanyak 325 liter oleh anggota Pos Nunura pada pukul 03.15. Sebelumnya, di Pos Nunura, para aparat juga pernah menggagalkan penyelundupan miras lokal jenis sopi dari wilayah RDTL ke wilayah RI pada tanggal 13 Mei 2017.

“Ini merupakan prestasi bagi kami Satgas Yonif Raider 712/Wt diawal penugasan dan hal ini akan kita tingkatkan untuk menjaga dan tegaknya aturan di sepanjang daerah perbatasan”. Demikian ujar Danyonif Raider 712/Wt Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan S.E.

Elvino juga mengatakan bahwa keberhasilan penggagalan penyelundupan Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 712/Wt merupakan suatu keberhasilan yang tidak lepas dari peran penting masyarakat perbatasan. Masyarakat turut aktif dalam memberikan informasi kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 712/Wt tentang kegiatan illegal yang sering terjadi di wilayah perbatasan darat RI-RDTL.

Baca Juga :   TABE Fokus Selesaikan Persyaratan. Tim Kerja Keluarga Tetap Sosialisasi

Selain masyarakat, hal ini juga merupakan wujud kerja nyata anggota Yonif Raider. Anggota Yonif Raider 712/WT aktif melaksanakan kegiatan jaga, sweeping pelintas batas, patroli dan pengendapan di tempat yang disering terjadi aksi penyelundupan.

Selain beberapa kegiatan di atas, Satgas Yonif Raider 712/WT juga melakukan kegiatan sosial dalam rangka membantu ketertinggalan masyarakat di daerah perbatasan yang digencar-gencarkan oleh Presiden Joko Widodo. Kegiatan-kegiatan itu seperti mengadakan pengobatan gratis, perbantuan guru mengajar, Donor Darah dan Karya Bakti di pedesaan.

Hal ini membuat masyarakat menjadi simpatik dan menerima kehadiran Satgas Yonif Raider 712/Wt. Selain itu juga, masyarakat semakin aktif dalam memberikan informasi kepada Satgas Yonif Raider 712/WT dalam penggagalan penyelundupan guna menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top