RAGAM

SKB Kabupaten Kupang Beri Diklat Bagi 50 Guru PAUD

OELAMASI, Kilastimor.com-Guna meningkatkan mutu Guru PAUD, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi 50 Orang Guru PAUD.

Kegiatan yang bertajuk Diklat Pendidikan PAUD Tingkat Dasar Binaan UPTD SKB Kabupaten Kupang Angkatan I dan II, ini di gelar di Aula utama SKB di bilangan kelurahan Oenesu, kecamatan Kupang Barat. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 4-11 Mei 2017. Pembukaan kegiatan ini digelar pada Jumat (5/5) kemarin di Aula SKB.

Pelatihan guru PAUD.

Pelatihan guru PAUD.

Imanuael Buan, Kepala Dinas (Kadis) PPO Kabupaten Kupang, ketika membuka kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi, atas kepedulian SKB terhadap guru PAUD di Kabupaten Kupang. Dimana menurut Imanuel, selama ini semua guru PAUD rata-rata tidak memiliki latar belakang pendidikan atau kemampuan khusus pendidikan Usia Dini.

” Guru-guru PAUD kita saat ini, saya melihat hanya seperti pepatah yang mengatakan tak ada rotan akar pun jadi. Dimana, mereka tidak memiliki pendidikan yang cukup. Mereka dari berbagai latar belakang mau mengabdikan diri untuk mengajar anak-anak usia dini. Sehingga, kegiatan seperti ini sangat baik untuk penguatan kapasitas,” ujar Imanuel.

Selain itu, Imanuel juga menyampaikan terimakasih kepada SKB yang sudah menginisiasi kegiatan tersebut.
Kepada para peserta Imanuel mengharapkan agar dapat mengiktuti kegiatan ini dengan baik. Dalam hal ini, diharapkan agar peserta tidak melewati semua materi yang akan disuguhkan.

Baca Juga :   Organisasi Wanita Malaka Hijaukan Gua Maria Lourdes Tubaki, Betun

“Saya harapkan adik-adik dan ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini, agar mengikutinya dengan baik. Jangan lewatkan semua materi yang akan disugihkan. Karena para pelatih yang disiapkan SKB, memiliki kemampuan kompetensi. Karena mereka ini rata-rata akademisi dari Undana. peratuan menteri pendidikan, tahun 2016, alih fungsi, SKB berubah menjadi satuan pendidikan, SKB lebih bagus, tugas fungsional, lbh kepada pelaksanaan teknis, merencanakan mnyampaikan pelatihan pengembangan satuan Paud, tugas pengendalian mutu pendidikan, SKB fungsix seperti sekolah, SKB membawahi PAUD dan pendidikan luar sekolah.

Pertanyaan menyangkut kebijakan, nanti ditampung kemudian akan dilanjutkan kadis, bila nnti
Mewakili Kepala Bagian BP PAUDNI Provinsi NTT, Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya dan Pengembangan Program, Maria Lobo, pada kesempatan ini menyampaikan tentang kerja-kerja BP PAUDNI Provinsi, sesuai undang-undang dan peraturan menteri pendidikan yang berlaku.

Menurut Maria, semua kerja-kerja BP PAUDNI adalag dalam bentuk koordinasi dengan SKB, terutama untuk
pengembangan sumberdaya. Untuk itu, dirinya akan memperkuat koordinasi dengan intansi seperti SKB Kabupaten Kupang ini, supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam implementasi program.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan ini, Sukirno ketika menyampaikan laporannya, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian upaya dari SKB, untuk meningkatkan mutu pendidik PAUD di Kabupaten Kupang.

Dalam Undang-undang diamanatkan tentang warga negara yang memiliki kecerdasan yang istimewa, sehingga Negara menjamin untuk mengaokomodir dalam pendidikan. Untuk itu, disampaikan bahwa tentunya untuk warga negara yang memiliki keistimewaan demikian, juga perlu dididik dengan tenaga-tenaga pendidik yang berkompeten juga. Dengan demikian menurutnya, Diklat yang digelar tersebut merupakan salah satu bagian dari implemantasi untuk peningkatan kualitas pendidikan.
Adapun tujuan umum dari kegiatan ini menurutnya, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kemampuan serta ketrampilan para pendidik dalam mengelolah kelompok, serta membimbing dan membina peserta PAUD pada kelompok masing-masing.

Baca Juga :   Hari Ini, Warga Belu yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 50 Orang

Selain itu, tujuan khusus dari kegiatan ini menurutnya, melatih tenaga pendidik dengan kemampuan dari pengetahuan dalam mengelola kelompok PAUD. kemudian, melatih tenaga PAUD dengan kemampuan dalam membimbing dan membina anak didik. Dan, melatih tenaga pendidik dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan alat permainan edukatif dengan menggunakan bahan lokal bagi anak didik PAUD. Serta, melatih kemampuan memahami watak dan karakter anak didik PAUD.

Untuk diketahui bahwa tenaga pendidik PAUD yang hadir dalam kegiatan ini, dari 24 kecamatan di kabupaten Kupang, yang terdiri atas 25 orang. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top