EKONOMI

Bupati Kupang Panen Perdana Garam PT. Garam Persero

OELAMASI, Kilastimor.com-Bupati Kupang Ayub Titu Eki, menghadiri Panen Perdana Garam milik PT. Garam Persero. Kegiatan ini bertempat di Tambak Garam PT. Garam Persero di Desa Bipolo Kecamatan, Sulamu Kabupaten Kupang, pada Selasa (6/7).

Bupati Kupang panen garam.

Bupati Kupang panen garam.

Mengawali sambutannya, Titu Eki menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terlaksananya pengembangan garam di Kabupaten Kupang yang dapat dipanen perdana. Dikatakan bahwa dirinya sudah sangat menanti-nanti hasil nyata pengembangan garam di kabupaten Kupang ini.

Dirinya mengingatkan, PT. Garam Persero telah memulai kegiatan di Kabupaten Kupang sejak tahun 2016 lalu. Dirinya berjanji akan mendukung keberlangsungan pengembangan dan produksi garam di Kabupaten Kupang berkualitas yang siap didistribusikan ke seluruh Indonesia.

“Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PT. Garam yang sudah mengembangkan produksi garam di Kabupaten Kupang. Hari ini adalah moment penting dimana garam ini mulai berproduksi. Sebagai kepala daerah, saya akan mendukung pengembangan dan produksi garam di Kabupaten Kupang. Tentunya kualitas sangat kita harapkan, untuk bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia,” ungkap Titu Eki.

Terkait dengan lahan, Titu Eki mengatakan bahwa, dirinya akan bersama masyarakat siap untuk memberikan lahan-lahan baru bagi pengembangan pabrik dan tambak garam di Kabupaten Kupang sehingga PT. Garam dapat terus mengembangkan produksinya.

Titu Eki menambahkan, keberadaan perusahaan skala nasional di kabupaten Kupang sangat penting karena selain membangkitkan sektor ekonomi, juga menyerap tenaga kerja. Menurutnya, Perluasan kesempatan kerja mengurangi masyarakat keluar daerah, menjadi TKI dan menjadi korban perdagangan manusia. Baginya, solusi terbaik membangun daerah ialah membangun manusia dengan bahasa yang diistilahkan dengan menyebarkan gula di daerah yang akhirnya menarik masyarakat, untuk datang mendekat bukan malah menjauh.

Baca Juga :   Parpol Jangan Jadi "Pilatus" Bagi Para Kandidat Bupati/Wakil Bupati Malaka

Dirinya pada kesempatan ini, mengajak masyarakat dan segenap pemangku kepentingan, untuk mendukung penuh kegiatan tambak garam tersebut.
Direktur Pemasaran PT. Garam Persero Ali Madi, pada kesampatan ini, memberikan jaminan bahwa Kabupaten Kupang siap menjadi produsen/penghasil Garam Nasional dalam rangka memenuhi kebutuhan Garam Nasional.

Ditambahkan, Melalui PT. Garam Persero telah dibangun tambak Garam di Desa Bipolo Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang – NTT seluas 320 ha yang telah selesai digarap bahkan sudah ada yang telah siap dipanen. Menurutnya, Kabupaten Kupang merupakan wilayah potensial untuk pengembangan Pabrik garam karena memiliki berbagai kelebihan, diantaranya iklim panas yang mencapai 8-9 bulan/tahun, salinitas air laut 3-4 Be sehingga sangat berkualitas kadar garam. Kemudian, Jenis tanah liat berpasir, dan dinilai mampu mencapai produktifitas hasil yang tinggi hingga 120 ton/ha/tahun.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top