RAGAM

Kejar Akreditasi RSUD Atambua, 39 Orang Studi Banding ke Sumba Timur

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka mengejar akreditasi RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua, 39 orang akan dikirimkan ke Sumba Timur untuk melakukan Studi banding ke RSU Umbu Rara Meha. Hal ini disampaikan Direktur RSUD Atambua dr. Ansila Muti pada, Jumat (9/6).

Rapat akreditasi RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua.

Rapat akreditasi RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua.

dr. Asila Muti memaparkan bahwa dirinya akan mengirim 39 orang untuk melakukan studi banding ke RSU Umbu Rara Meha di Sumba Timur pada, Senin (12/6). Hal ini pun telah mendapat restu dari Bupati Belu Wilibrodus Lay.

Lebih lanjut, dr. Ansila menjelaskan bahwa RSU Umbu Rara Meha merupakan salah satu rumah sakit yang sudah mencapai akreditasi paripurna. RSU Umbu Rara Meha adalah rumah sakit yang sudah terakreditasi 15 pogja.

Sekembali dari studi banding, ke-39 orang itu akan langsung mengerjakan dokumen-dokumen dan melengkapi fasilitas sesuai dengan metode telusur yang kita jalani. Orang-orang yang dikirim untuk studi banding pun akan dibebastugaskan sementara waktu. Mereka akan fokus mengurus berbagai kelengkapan untuk akreditasi.

Dokter gigi ini menjelaskan bahwa proses penilaian akreditasi saat ini berbeda dengan yang dulu. Dulu, penulaiannya hanya sebatas pada dokumentasinya saja. Namun sekarang, harus ada dokumen, harua ada telusur.

dr. Ansila memberikan contoh bahwa kita tidak hanya bisa menyebutkan kita telah menggunakan metode cuci tangan yang baik saja, karena tim akreditasi akan keliling dan bertanya, apa saja metode cucu tanga; apa saja kelengkapannya; dan lain sebagainya. “Jadi kita mulai dari sana, persiapan penyelamatan kepada pasien, kelengkapan, dan lain sebagainya. Untuk itu, kita harus belajar di sana”, ujarnya.

Baca Juga :   Warga Desa Motaain, Malaka Barat Dapat Bantuan Bibit Bawang Merah

dr. Ansila berharap kepada 39 orang yang pergi studi banding agar mereka bisa mendapat gambaran yang lebih jelas dan lebih baik lagi. Selain itu, bisa lebih banyak mengetahui tentang dokumen dan keadaan yang harus dipenuhi sesuai dokumen dan tuntutan akreditasi. “Jadi sekitar Bulan Oktober atau November kita siap dinilai”, tegas dr. Ansila. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top