RAGAM

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, ASN Kabupaten Kupang Sumbang Darah

OELAMASI, Kilastimor.com-Memperingati Hari Donor Darah Se-dunia, yang jatuh pada 14 Juni 2017, sejumlah ASN Kabupaten (Kab.) Kupang ikut menyumbangkan darahnya.

ASN Kab. Kupang donor darah.

ASN Kab. Kupang donor darah.

Kegiatan donor darah ini digelar oleh Freedoom Faithnet Global (FFG), Sebuah organisasi kemanusiaan dunia yang bekerjsama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Organisasi ini melakukan gerakan sosial donor darah serempak di seluruh dunia, termasuk di sejumlah kota di Indonesia. Untuk Kab. Kupang sendiri, kegiatan donor darah ini dilakukan oleh PMI Cabang Kupang, tepatnya di ruang Loby Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi, pada Rabu (14/6) lalu.
Kegiatan ini melibatkan 163 Orang ASN dan masyarakat di lingkup pemkab Kupang.

Disaksikan kilastimor.com, tampak Pimpinan SKPD dan staf lingkup Pemkab Kupang, mendonorkan darahnya di dalam kantong darah 350. Awalnya, sebelum diamhil darahnya, para ASN ini menjalani sejumlah pemeriksaan yakni pemeriksaan golongan darah, kesehatan berupa HB, tekanan darah, hingga akhirnya melakukan aksi donor darah.

Ketua Panitia Donor Darah Kabupaten Kupang, Rima Salean pada kesempatan ini mengungkapkan bahwa, donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan yang menolong banyak orang sekaligus memberikan manfaat bagi kesehatan para pendonornya. Melalui kegiatan donor ini, stok darah terus tersedia dan masyarakat yang membutuhkan dapat terlayani dengan baik.

Di Kupang sendiri, menurut Rima membutuhkan 1600 Kantong darah perhari yang didistribusikan bagi Rumah sakit yang ada di Kupang.
“Untuk RSUD Naibonat sendiri, saat ini kebutuhan perharinya mencapai 70 kantong perbulan. Saat pelayanan normal bisa mencapai 300 kantong darah perbulan, sehingga kegiatan donor ini, menurut saya memberikan manfaat nyata bagi kehidupan manusia, terutama masyarakat di Kabupaten Kupang yang memhutuhkan,” jelas Rima.

Baca Juga :   Temu Pisah Direktris RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua. dr. Joice Minta Siap Hadapi Akreditasi

Direktur Unit Transfusi Darah PMI NTT dr. Samson Teron pada kesempatan ini sedikit menjelaskan tentang kebutuhan darah di NTT. Dimana dikatakan, Kebutuhan darah di NTT, setiap bulannya mencapai 12.000 Kantong. Untuk wilayah Kota Kupang dan Kab. Kupang, dibutuhkan 1600 Kantong darah atau sama dengan 1600 orang pendonor. Menurutnya, Kebutuhan darah yang cukup besar ini memberikan kesadaran bahwa kegiatan donor darah, sangat memberikan manfaat bagi orang lain.

Dirinya pada kesempatan ini, menjelaskan tentang beberapa manfaat dalam mendonor darah. Dikatakan, ketika seseorang melakukan donor darah, maka akan membuat tubuh semakin sehat, karena lewat donor darah terjadi sum-sum tulang yang dirangsang untuk membuat darah yang baru yang lebih sehat sehingga sel-sel diperbaharui.

Samson menambahkan, idealnya seorang melakukan kegiatan donor 3-6 bulan sekali dengan jumlah darah yang didonorkan sebanyak 350-450 cc. Namun demikian menurutnya, mayoritas masyarakat masih mendonorkan darahnya 350 cc sekali donor.

Ditargetkan, kedepannya PMI akan memberikan kesempatan masyarakat mendonorkan darahnya 450 cc seperti yang telah diterapkan di luar negeri.
Terkait antusiasme ASN Lingkup kabupaten Kupang dalam kegiatan donor darah ini, Samson ucapkan terima kasih dan berharap pegawai menjadi pendonor dasar dan pelopor dalam kegiatan kemanusian seperti donor darah.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Donor Darah FFG, Helen Agustinus mengapresiasi pelaksanaan donor darah di Kabupaten Kupang tersebut. Dirinya berterima kasih kepada Bupati Kupang Ayub Titu Eki yang sangat responsif mendukung berlangsungnya kegiatan donor darah di Kantor Bupati ini. Dirinya menjelaskan, “Love Movement” diusung FFG sejak tahun 2011 didasari rasa cinta terhadap lingkungan dan kepedulian terhadap sesama melalui gerakan kepedulian, termasuk melalui kegiatan donor darah. World blood donor 2017 diharapkan, dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan memenuhi kebutuhan stok darah yang dibutuhkan pasien rumah sakit.

Baca Juga :   Satlantas Polres Belu dan Komunitas CB Club Belu Peduli Lingkungan

Dijelaskan, Setiap 2 detik ada pasien yang membutuhkan darah. 1 donor darah kita menyelamatkan 3 nyaa manusia. Sehingg dikatakan, langkah donor darah merupakan langkah yang sangat mulia. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top