RAGAM

219 Anak PAUD dari 32 Kelompok Binaan SKB Diwisuda

OELAMASI, Kilastimor.com-Sebanyak 219 anak PAUD dari 32 kelompok bermain, binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) diwisuda. Wisuda ini dilakukan melalui kegiatan pelepasan dan perpisahan anak usia dini program PAUD satuan PNF Kabupaten Kupang tahun 2017.  Kegiatan yang bertajuk Dengan menanamkan 12 karakter dasar pafa anak PAUD kita bentuk generasi kabupaten yang berkualitas ini, digelar di Aula GMIT Elim Naibonat, pada Rabu (5/7).

Mengawali kegiatan ini Kepala SKB Kabupaten Kupang, dalam laporannya menyampaikan tentang  tujuan wisuda anak-anak PAUD ini. Dirinya mengatakan, tujuan  anak-anak yang telah dibina dalam kelompok binaan dilepas agar bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya, yakni sekolah dasar. Selain itu pelepasan dalam bentuk wisuda ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan terhadap anak untuk membangkitkan rasa percaya diri dalam menghadapi dunia pendidikan selanjutnya.

Wakil Bunda PAUD Kabupaten Kupang, Ny. Damaris Masneno, yang juga istri wakil Bupati Kupang, pada kesempatan ini menyampaikan beberapa hal terkait anak-anak PAUD yang diwisuda. Menurutnya, Anak-anak adalah anugrah Tuhan yang dititipkan melalui orang tua, sehingga harus dijaga sebaik-baiknya. 

Selain itu, dikatakan juga, anak-anak merupakan aset bangsa, sehingga perlu di didik untuk menjadi anak yang kelak berguna bagi bangsa. Untuk itu, dikatakan perlunya peran orang tua dan guru mendidik anak berkarakter unggul. Disebutkan bahwa, PAUD merupakan media untuk menumbuhkan 12 karakter unggul dalam diri anak. 

Baca Juga :   Anggota Komisi V DPRD NTT, Winston Rondo dan Anwar Hajral Tinjau SMKN 1 Amarasi Barat yang Ambruk

“Bapak Bupati Kupang, saat ini telah mencanangkan 12 karakter unggul yang perlu diajarkan kepada anak-anak usia dini. Minimal, anak-anak diajarkan kata penting yakni tolong, terimakasih dan maaf, perlu diajarkan kepd anak-anak, baik dirumah atau di sekolah. Ke-12 karakter tersebut, perlu diajarkan, tetapi perlunya peran dari orang tua dan guru,” jelas Ny. Damaris Masneno. 

Selanjutnya dikatakan, anak usia dini merupakan usia emas. Untuk itu seorang anak pada usia tersebut mendapat asupan gizi yang baik. Menurutnya, perlunya peran orang tua dan guru, mendukung dan mengutamakan gizi anak-anak. Disebutkan, banyak sekali sayuran lokal yang sangat mendukung asupan gizi anak. Untuk itu perlu dikembangkan agar gizi anak-anak dapat terpenuhi. 

“Saya berharap, Orgtua perlu memperhatikan gizi anak. Makanan bergizi sangat mendukung kecerdasan anak. Untuk itu, sebagai bagian dari dukungan terhadap pemerintah, yakni taman eden, kita wajib menyiapkan lahan untuk kebun gizi. Dengan demikian asupan gizi anak, dapat terpenuhi. 

Sementara itu, Imanuael Buan, Kepala Dinas (Kadis) PPO Kabupaten Kupang, pada kesempatan ini mengingatkan orang tua memperhatikan pendidikan anak-anak tersebut ke depannya. Menurutnya, wisuda ini merupakan langkah pertama yang baik, untuk menentukan anak-anak ini 16-17 tahun yang akan datang.

Dirinya berharap, anak-anak ini sebagai generasi yang akan memimpin dan mengatur Kabupaten kupang ke depan. Dirinya mencontoh, kalau dirinya akan pensiun, tetapi Kabupaten Kupang  tidak akan pensiun. Sebab, nantinya ada yang meneruskan. Sehingga diingatkan bahwa anak-anak ini harus berhasil dalam pendidikannya. 

Baca Juga :   Yapenkris Siap Benahi Sarana Pendidikan SMP Kristen Besikama Kelas Jauh Taaba

Dirinya mengungkapkan, keprihatinan kepada anak-anak SMP dan SMA. Menurutnya, pada saat mereka masih anak-anak, dan akan tamat PAUD, orangtua sangat sibuk dengan wisudanya, tetapi ketika mereka sudah sampai jenjang SMP atau SMA, orang tua tidak lagi memperhatikan. Dirinya berpesan, anak-anak ini harus ditargetkan untuk kembali diwisuda pada 16-17 tahun yang akan datang, yakni mereka tamat kuliah. 

Pada kesempatan ini, dirinya menyampaikan apresiasi kepada SKB yang telah membina banyak PAUD di kabupaten Kupang. Dirinya berharap, semua PAUD yang dibina, ke depan akan semakin berkualitas. 

Untuk diketahui, pada saat wisuda berlangsung, Bunda Paud, kepala dinas PPO kabupaten Kupang, kepala dinas kesehatan dan camat Kupang Timur ikut melakukan wisuda terhadap anak-anak PAUD tersebut. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top