EKONOMI

Ini Nama-nama Pemenang Lomba Kontes Sapi Provinsi NTT

ATAMBIA, Kilastimor.com-Dinas Peternakan Provinsi NTT mengadakan Lomba Lontes Sapi dan Pameran Produk Ternak di Nenuk, Desa Naikasa, Kec. Tasifeto Barat, Kab. Belu dari tanggal 13-15 Juli 2017. Sumba Barat Daya (SBD) dan Kabupaten Kupang Keluar sebagai Juara I Umum.

Dalam sambutannya, Kadis Peternakan Provinsi NTT Ir. Dani Suhadi menjelaskan ada 10 jenis dan kategori yang dilombakan yaitu kategori Sapi Bali Timor Jantan bibit, Sapi Bali Timor betina bibit, Sapi Bali Timor betina induk, Sapi Bali Timor jantan penggemukan, Sapi jantan cross penggemukan dan silang, Sapi Sumba onggole bibit, Sapi Sumba Onggole betina bibit, Sapi Sumba Onggole betina induk, Sapi Sumba Onggole jantan penggemukan, dan sapi jantan super.

Pelaksanaan dan penilaian ini telah dilaksanakan mulai tanggal 13-14 Jili oleh tim penilai secara independen. Pada hari ini (15/7) merupakan acara puncak. “Sampai saat ini, para kepala dinas pun belum mengetahui siapa saja yang menjadi juaranya karena penilaian ini bersifat independen dan otoritas dari tim penilai”, ujarnya.

Metode penilaian terdiri dari metode penilaian pengukuran langsung dan metode kontes secara visual. Untuk pengukuran langsung dilaksanakan di tempat perlombaan bagi ternak-ternak yang berasal dari daratan timor yang memang dimungkinkan untuk dihadirkan dalam kontes ini yang berjumlah 77 ekor yang berasal dari kabupaten-kabupaten yang merupakan juara dari hasil penilaian di tingkat kabupaten.

Baca Juga :   BKKBN Hadir Tidak untuk Batasi Kelahiran, Melainkan untuk Rencanakan Hidup Lebih Baik

Dilaporkan untuk peserta dari kabupaten berdasarkan jumlah ternak yang dilombakan, kabupaten kupang berjumlah 28 ekor ternak untuk semua kategori, kabupaten TTS 10 ekor, kabupaten TTU 10 ekor, Kabupaten Belu 20 ekor, kabupaten Malaka 6 ekor, dan Kota Kupang 6 ekor. Semuanya dinilai sesuai dengan kategori masing-masing.

Tim penilai berasal dari Independen, Fakultas peternakan, unsur terkait yang berkaitan dengan kegiatan pembibitan dan peternakan di Provinsi NTT.

Emanuel Otu selaku Ketua Tim Juri membacakan Pemenang Lomba Sapi Tingkat Propinsi NTT tahun 2017 di Kabupaten Belu. Berikut nama-nama pemenang dari 10 kategori.

Pemenang Jenis Sapi Sumba Onggole pun dibagi dalam beberapa kategori. Untuk kategori Sapi Onggole Jantan Bibit, yang menjadi Juara I atas nama Suratno dari Kabupaten Sumba Timur, Juara II atas nama Mikhael Ngogo dari Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Juara III atas nama Mete Nono dari Kabupaten Sumba Barat.

Untuk kategori Sapi Onggole betina bibit yang keluar sebagai juara I atas nama Dominggus Lede dari kabupaten SBD. Juara II atas nama Pati Wedu dari Kabupaten Sumba Tengah. Juara II atas nama Iskandar Matita dari Kabupaten Rote Ndao.

Untuk kategori sapi Onggole betina induk yang menjadi juara I atas nama Lukas Lena Ngongo dari Kabupaten SBD. Juara II atas nama Paulus pati pana dari Kabupaten SBD. Juara III atas nama Aleksander S. Bani dari Kabupaten Sumba Barat.

Baca Juga :   Pencurian Aki Lampu, Satpol PP Kota Kupang Diminta Patroli Malam Hari

Kategori Sapi Onggole Jantang penggemukan yang menjadi Juara I atas nama Logo Mangi asal Kabupaten Sumba Timur. Juara II atas nama Mali Lede dari Kabupaten SDB. Juara III atas nama Markus M. Linu dari Kabupaten Sumba Timur.

Untuk Kategori jenis Sapi Bali pun dinilai dari beberapa kategori. Untuk Kategori jenis Sapi Bali Jantan Bibit yang keluar sebagai Juara I atas nama Carles Tasuap dari Kabupaten TTS. Juara II atas nama Anus Hende dari Kabupaten Lembata. Juara III atas nama Stefanus Kalu dari kabupaten Malaka.

Untuk Kategori jenis Sapi Bali Betina Bibit yang keluar sebagai Juara I atas nama Okto Noti dari Kabupaten Kupang. Juara II atas nama Agus Neno dari Kabupaten TTU. Juara III atas nama aleksander Oematan dari Kabupaten TTS.

Untuk Kategori jenis Sapi Bali Betina Induk yang keluar sebagai Juara I atas nama Apriel Yakobus Riwu dari Kabupaten Kupang. Juara II atas nama Moses Seran dari Kabupaten Belu. Juara III atas nama Hendrik Tabun dari Kabupaten TTS.

Untuk Kategori jenis Sapi Bali Jantan Penggemukan yang keluar sebagai Juara I atas nama Kristian Dede Hermans asal Kabupaten Belu. Juara II atas nama Laaser Ndolu asal Kota Kupang. Juara III atas nama Rivan Roinaldo dari Kabupaten Kupang.

Untuk Kategori Sapi jantan Penggemukan Silang yang menjadi Juara I atas nama Aleksander Oematan dari Kabupaten TTS. Juara II atas nama Mordi K. Seran asal Kabupaten Kupang. Juara III atas nama Paskalis Luan dari Kabupaten Belu.

Baca Juga :   MenPAN-RB: Pendaftaran CPNS Dibuka 25 Oktober

Untuk Kategori Sapi Super, Kabupaten Kupang memborong habis piagamnya karena yang keluar sebagai juara ketiga-tiganya berasal dari Kabupaten Kupang. Marten Tuka keluar sebagai Juara I. Sedangkan Juara II dan III atas nama Yohanes Detan dan Mordi K. Seran.

Menjadi juara dalam kompetisi pada ajang bergengsi seperti ini merupakan harapan para peternak. Keberhasilan ini, bagi peternak, tidak datang dengan tiba-tiba melainkan hasil dari kerja keras rekayasa dan uji coba berbagai cara, baik dalam pemeliharaan ternak dan pengolahan pakan ternak sesuai pengalamannya masing-masing secara kelompok. “Bagi yang menang saya sampaikan proficiat. Sedangkan yang belum menang saya harapkan jangan kecewa karena tidak menang bukan kegagalan, tapi memerlukan upaya daya saing yang lebih lagi dan tetaplah berusaha untuk menjadi peternak yang sukses”, Ujar Herman Nai Ulu. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top