EKONOMI

Ini Nama-nama Pemenang Lomba Kontes Sapi Provinsi NTT

ATAMBIA, Kilastimor.com-Dinas Peternakan Provinsi NTT mengadakan Lomba Lontes Sapi dan Pameran Produk Ternak di Nenuk, Desa Naikasa, Kec. Tasifeto Barat, Kab. Belu dari tanggal 13-15 Juli 2017. Sumba Barat Daya (SBD) dan Kabupaten Kupang Keluar sebagai Juara I Umum.

Dalam sambutannya, Kadis Peternakan Provinsi NTT Ir. Dani Suhadi menjelaskan ada 10 jenis dan kategori yang dilombakan yaitu kategori Sapi Bali Timor Jantan bibit, Sapi Bali Timor betina bibit, Sapi Bali Timor betina induk, Sapi Bali Timor jantan penggemukan, Sapi jantan cross penggemukan dan silang, Sapi Sumba onggole bibit, Sapi Sumba Onggole betina bibit, Sapi Sumba Onggole betina induk, Sapi Sumba Onggole jantan penggemukan, dan sapi jantan super.

Pelaksanaan dan penilaian ini telah dilaksanakan mulai tanggal 13-14 Jili oleh tim penilai secara independen. Pada hari ini (15/7) merupakan acara puncak. “Sampai saat ini, para kepala dinas pun belum mengetahui siapa saja yang menjadi juaranya karena penilaian ini bersifat independen dan otoritas dari tim penilai”, ujarnya.

Metode penilaian terdiri dari metode penilaian pengukuran langsung dan metode kontes secara visual. Untuk pengukuran langsung dilaksanakan di tempat perlombaan bagi ternak-ternak yang berasal dari daratan timor yang memang dimungkinkan untuk dihadirkan dalam kontes ini yang berjumlah 77 ekor yang berasal dari kabupaten-kabupaten yang merupakan juara dari hasil penilaian di tingkat kabupaten.

Baca Juga :   Permada Juara, Immala Runner Up Fosmab Cup XV 2017

Dilaporkan untuk peserta dari kabupaten berdasarkan jumlah ternak yang dilombakan, kabupaten kupang berjumlah 28 ekor ternak untuk semua kategori, kabupaten TTS 10 ekor, kabupaten TTU 10 ekor, Kabupaten Belu 20 ekor, kabupaten Malaka 6 ekor, dan Kota Kupang 6 ekor. Semuanya dinilai sesuai dengan kategori masing-masing.

Tim penilai berasal dari Independen, Fakultas peternakan, unsur terkait yang berkaitan dengan kegiatan pembibitan dan peternakan di Provinsi NTT.

Emanuel Otu selaku Ketua Tim Juri membacakan Pemenang Lomba Sapi Tingkat Propinsi NTT tahun 2017 di Kabupaten Belu. Berikut nama-nama pemenang dari 10 kategori.

Pemenang Jenis Sapi Sumba Onggole pun dibagi dalam beberapa kategori. Untuk kategori Sapi Onggole Jantan Bibit, yang menjadi Juara I atas nama Suratno dari Kabupaten Sumba Timur, Juara II atas nama Mikhael Ngogo dari Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Juara III atas nama Mete Nono dari Kabupaten Sumba Barat.

Untuk kategori Sapi Onggole betina bibit yang keluar sebagai juara I atas nama Dominggus Lede dari kabupaten SBD. Juara II atas nama Pati Wedu dari Kabupaten Sumba Tengah. Juara II atas nama Iskandar Matita dari Kabupaten Rote Ndao.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top