RAGAM

Kodim 1605/Belu Adakan Lomba Pidato Tingkat SD dan SLTP juga Lomba Foto dan Karya Jurnalistik se-Kabupaten Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka komunikasi sosial (Komsos) kreatif, Kodim 1605/Belu mengadakan lomba pidato kebangsaan tingkat SD dan SLTP serta lomba foto dan jurnalistik tingkat Kabupaten Belu di Aula Dhama Andika Kodim 1605/Belu pada, Jumat (7/7). Lomba ini dibalut dalam sebuah tema besar : “Peran Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara Dalam Membangun Bangsa yang Berkarakter”.

Kasdim 1605/Belu Mayor Inf. Binsar Pasaribu kepada kilastimor.com mengatakan bahwa kegiatan lomba pidato kebangsaan bagi pelajar tingkat SD dan SLTP dibuat untuk mencari bibit-bibit yang memiliki bakat dalam berpidato. Selain lomba pidato, digelar juga lomba foto dan karya jurnalistik yang diikuti insan pers se-Kabupaten Belu.

Mayor Inf. Pasaribu menuturkan, tiga pemenang lomba pidato akan dikirim guna mengikuti lomba tingkat provinsi di Kupang. Jika menang, maka pemenang akan dikirim mengikuti lomba tingkat nasional di Bali. Sedangkan untuk lomba foto dan karya jurnalistik, hanya akan dikirimkan karyanya saja untuk dilombakan ke tingkat Provinsi di Kupang. Pemenang lomba baru akan dikirim ke Bali untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

“Nanti yang menjadi juara lomba dari I sampai III di Kodim 1605/Belu akan kita saring dan lanjut ke tingkat lebih tinggi lagi di Korem. Kita harapkan bisa lanjut ke Kodam”. Demikian tutur Mayor Inf. Pasaribu. “Itu semua tergantung penilaian dari juri,” lanjutnya.

Dijelaskan, Lomba ini juga bertujuan untuk membangkitkan minat anak-anak untuk membaca dan menulis. Selain itu, lomba ini juga bisa memberikan wacana baru bagi anak-anak untuk berbicara di depan umum. Karenanya, lomba ini menjadi salah satu wadah untuk menumbuhkan bakat putra-putri pelajar tingkat SD dan SLTP di Kabupaten Belu.

Baca Juga :   Agen Konsulat RDTL Atambua Belum Terima Surat dari Pemkab Belu. Teme: Tiga Warga RDTL Diproses Hukum di Indonesia

Melalui lomba pidato ini kita tanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam diri anak-anak generasi bangsa sejak dini”, tutur Mayor Inf. Pasaribun.

Untuk diketahui, hasil penjurian lomba pidato yang menjadi pemenangnya adalah Virginia Fernandes dari SD tenukiik. Sedangkan yang menjadi juara II dan III adalah Indri Puspa Arum dari SD Tenukiik dan Gratia Yenima Ratu dari SDK St. Yosep Atambua I. Sedangkan, tingkat SLTP yang keluar sebagai juara adalah Tessa M. T. Nubein dari SLTP Negeri I Atambua. Juara II dan III diraih oleh Miranda X. Verdial dari SLTP Negeri I Atambua dan Marfarida S. Faria dari SLTP Kristen Atambua.

Sementara lomba foto dan karya tulis jurnalistik diikuti oleh empat wartawan dari media yang berbeda. Mereka adalah Yansen Bau dari NNTonlinenow, Berkmans Nahak dari Victory News, Edi bau dari Pos Kupang, dan Richi Anyan dari kilastimor.com. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top