RAGAM

Mimpi Esthon Foenay Bentuk LPPD Sampai Kabupaten/Kota di NTT

KUPANG, Kilastimor.com-Ketua Lembaga Pengembangan Paduan suara Daerah (LPPD) NTT, Esthon Foenay memiliki mimpi dan harapan untuk membentuk LPPD sampai ke daerah-daerah. Menurut Esthon, yang dimaksud tentang daerah-daerah adalah kabupaten/kota di NTT. Hal ini disampaikan Esthon dalam Rapat Evaluasi Tim LPPD NTT, pada Sabtu (8/7) di Twins Resto Kupang.

Esthon mengatakan, belajar dari pengalaman, bahwa nama NTT sering dikenal dengan prestasi Lembaga LPPD. Dimana menurutnya, LPPD sering menjuarai perlombaan paduan suara di tingkat nasional dan mengalahkan provinsi lain. Hal ini membuktikan bahwa, NTT memliki segudang potensi tarik suara yang melibatkan banyak orang ini.

“LPPD ini sudah terbukti, sering menjuarai perlombaan paduan suara tingkat nasional dan mengalahkan provinsi lain. Ini membuktikan bahwa LPPD NTT sangat berkualitas. Sehingga kita perlu mengembangkan ke kabupaten/kota lain,” jelas Esthon.

Menurutnya, kalau LPPD selama ini hanya merekrut peserta paduan suara di level kota saja, dan banyak mengukir prestasi, diyakini juga bahwa di kabupaten-kabupaten yang lain banyak sekali potensi paduan suara. Selain itu selama ini yang terlibat di LPPD, hanya penyanyi dari gereja protestan saja. Sehingga dirinya berharap, selain melakukan pengembangan ke daerah juga, LPPD dibuat secara Oekumene, agar bisa diakses oleh gereja yang lain.

Selain untuk menemukan bibit baru didaerah-daerah yang mampu tergabung dalam paduan suara, menurut Esthon, tujuannya agar dalam ajang paduan suara seperti Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) di tingkat nasional berikutnya, LPPD terwakilkan seluruh kabupaten/kota di NTT.

Baca Juga :   Nadine Chandrawinata Siap Mendaki Puncak Jaya Papua

“Potensi penyanyi kita selama ini banyak di dalam gereja protestan. Saya berharap ke depan LPPD tidak hanya berkembang ke daerah, tetapi berkembang secara Oekumene ke gereja katholik, protestan, GPDI, karismatik, dan lain-lain,” harap Esthon.

Kepada media, Esthon sangat meminta dukungan dalam hal publikasi tentang LPPD. Menurutnya, publikasi sangat penting, karena LPPD tidak dikenal saja saat ada lomba menyanyi kidung jemaat dan lagu rohani lainnya, tetapi dikenal oleh masyarakat luas.

“Saya yakin, jika teman-teman media membantu mempublikasikan tentang LPPD, maka masyarakat NTT semakin mengenalnya. Dengan demikian, saya yakin juga, bahwa nasyarakat yang memiliki potensi tarik suara melalui paduan suara akan mau bergabung juga,” ungkapnya.

Esthon berharap, ke depan dirinya akan membenahi banyak hal dalam LPPD. Dirinya mengatakan, perlu didukung dengan pelatihan yang intensif agar kualitas pesertanya semakin diandalkan. Selain itu, perlu ditata manajemen organisasi yang baik, agar LPPD semakin profesional. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top