RAGAM

Polres Kupang Gelar Saka Bhayangkara di Amarasi

Saka Bhayangkara

OELAMASI, Kilastimor.com-Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas)
Polres Kupang, menggelar serangkaian kegiatan Saka Bhayangkara Polres Kupang. Kegiatan ini meliputi Upacara Pelantikan Pengurus Dewan Kerja Saka Bhayangkara Polres Kupang dan Upacara Api Unggun.

Kedua rangkaian kegiatan ini berlangsung pada Jumat (28/7). Kegiatan ini berlangsung di SD, SMP Negeri 4 Amarasi Timur Satap Desa Pakubaun Kecamatan Amarasi Timur Kabupaten Kupang.

Upacara Pelantikan Pengurus Dewan Kerja Saka Bhayangkara Polres Kupang, berlangsung Sekira pukul 15.40 Wita. Tampil sebagai inspektur upacara, Kasat Binmas Polres Kupang, AKP Mores A. Illu.

Dalam sambutannya Moris sedikit menjelaskan tentang apa itu Saka Bhayangkara. Menurutnya Saka atau Satya Karya Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) masyarakat. Sehingga menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional. Satuan Karya ini membidangi bidang kebhayangkaraan.

Dalam pelatihan Saka Bhayangkara, umumnya Gerakan Pramuka bekerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia .

“Biasanya Saka Bhayangkara berada dibawah pembinaan Kepolisian Republik Indonesia. Seperti yang kita saksikan hari ini, Saka Bhayangkara, dibawah pembinaan Polres Kupang,” jelas Mores.

Hal senada juga disampaikan oleh KBO Binmas Polres Kupang Ipda Sergius Nahak. Dimana, KBO Binmas Polres Kupang Ipda Sergius Nahak, dalam ketika berperan sebagai Inspektur Upacara  api unggun.

Kepada Saka Bhayangkara agar menjaga dan mempertahankan semua tanggungjawab yang telah di emban. Dirinya berharap, melalui Upacara Api Unggun, jiwa dan semangat patriot para Saka Bhayangkara, terbakar untuk bela negara. Kegiatan ini berlangsung juga di tempat yang sama, yakni pada pukul 19.30 wita.

Baca Juga :   Manejer ULP PLN Atambua Bantah Ada Pungli di Program CSR PLN 2019

Untuk diketahui, peserta upacara dan undangan yang mendukung dan hadir dalam kedua upacara tersebut berjumlah kurang lebih 200 orang. Semuanya berasal dari perwakilan Siswa dari SMA Negeri 1 Amarasi Timur, perwakilan Siswa dari SMP Negeri 4 Amarasi Timur Satu Atap, dan perwakilan Siswa dari SD Negeri Haenbaun.  Serta, hadir juga dalam kegiatan ini Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Desa Pakubaun, Kecamatan Amarasi Timur. Hadir pula dalam kegiatan ini, Kapolsek Amarasi Timur, Ipda I Ketut Suardana, beserta staf. (qrs) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top