RAGAM

Wabup Kupang Buka TMDD ke-99

OELAMASI, Kilastimor-Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno membuka dengan resmi pelaksanan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 tahun 2017 lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Pembukaan ini ditandai dengan Upacara pembukaan yang dilaksanakan di Desa Netemnanu Utara Kecamatan Amfoang Timur, pada Selasa (4/7).

Masneno dalam sambutannya mengatakan TMMD adalah program pembangunan bangsa yang dilaksanakan secara berkesinambungan oleh berbagai elemen lintas sektoral baik itu TNI- Polri, Kementerian, Lembaga dan elemen bangsa lainnya dalam rangka akaselerasi pembangunan di daerah, diamana pada tahun 2017 ini dilaksanakan di 60 kabupaten/kota di Indonesia.

Selanjutnya, dikatakan juga, pelaksanaan TMMD merupakan kolaborasi semua pihak terkait, seperti TNI-polri-pemda dan Masyarkat dalam rangka mensukseskan pembangunan ditengah-tengah masyarakat.
“Jadi, sasaran fisik dan non fisik yg ingin dicapai, diharapkan dapat membantu dan meningkatkan roda perekonomian daerah. Kehadiran TNI menurut tidak semata-mata membangun saja, melainkan juga menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat dan menjadi bagian utuh masyarakat itu sendiri.

Melalui komunikasi sosial yang persuasif, sehingga diharapkan dapat memacu tekad dan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri. Dan, kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya demi memacu perekonomian didaerah,” ujar Masneno.

Dirinya menambahkan bahwa, Melalui tema TMMD KE 99 yakni dengan “semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat, kita percepat pembangunan di daerah, guna meningkatkan kesehahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan kewilayahan NKRI”. Untuk tema tersebut, Masneno berharap, adanya peningkatan sinergitas antar lembaga dan segenap komponen masyarakat demi menggapai masyarakat yang maju, damai dan sejahtera.

Baca Juga :   Atasi Dampak COVID-19, Pemda TTU Bakal Bagi Beras 10 Kilo Per Kepala Keluarga

Sementara itu Dandim 1604 Kupang Letkol inf. Endarwan Yansori dalam laporannya, mengatakan bahwa, TMMD Ke 99 dilaksanakan selama 1 bulan penuh, yakni sejak 4 Juli – 2 Agustus 2017.
Disebutkan, Kegiatan ini 150 orang personil TNI, Polri dan pegawai Pemda Kabupaten Kupang, mahasiswa Unkris 50 orang dan 100 orang masyarakat yang hadir setiap hari.

Ditambahkan, tujuan dilaksanakan TMMD ini adalah untuk meningkatkan ruang, alat dan kondisi juang serta kemanunggalan TNI dan rakyat dalam membantu pemerintah di daerah, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

“Sasaran pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan 2 kali pertahun ini meliputi rehap Gereja Makelab di desa Netemnanu Selatan, Pembangunan rumah pastori di Petra Makelab dan di st. Petrus serta pembukaan dan pengerasan jalan baru di Desa Kifu. Sementara untuk pembangunan non fisik diantaranya penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, kesadaran hukum, teknologi tepat guna dan kesehatan,” Jelas Letkol inf. Endarwan Yansori.

Hadir pada Upacara Pembukaan TMMD tersebut, sejumlah petinggi Korem 161 Wirasakti Kupang diantaranya, Kasi Intel Kol. Yudi Pranoto, Kasi Ops. Kol. Inf. I Kadek Sukasa, Wakapolres Kupang, Dansatgas Yonif 742 Letkol Fuad, dan Wadankesyah Kupang. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top