HUKUM & KRIMINAL

10 WNI Dideportasi Imigrasi Timor Leste ke PLBN Mota’ain. Ini Kronologisnya

Inilah 10 WNI asal Belu yang dipulang Imigrasi Timor Leste melalui pintu Motaain.

ATAMBUA, Kilastimor.com-10 orang WNI asal Kabupaten Belu berhasil dideportase UPF Timor Leste ke PLBN Mota’ain, Kabupaten Belu saat hendak melakukan penyebrangan ilegal menuju Dili, Timor Leste, Minggu (27/8). Ke-10 orang tersebut melakukan penyebrangan ilegal untuk menghadiri pemakaman sanak keluarganya yang berada di Dili, Timor Leste.

Pihak petugas Imigrasi Timor Leste, Alcino da Conceicao menyerahkan 10 orang WNI tersebut kepada petugas Imigrasi PLBN Mota’ain, Adam. Ke-10 WNI tersebut dideportasi dari RDTL karena masuk ke wilayah Timor Leste secara ilegal tanpa memiliki dokumen yang sah (Pasport/PLB) dan melanggar Undang-undang Keimigrasian Timor Leste Nomor 9 Tahun 2003.

Ke-10 orang tersebut terdiri dari 6 orang pria dan 4 orang wanita. Mereka adalah Antonio Ximenes (57), Amanu dos Santos (22), Joni dos Santos (18), Efalino Soares(16), Ermen Jilu Soares (71) dan Decardo Jose S. Gusmao. Sementara empat wanita masing-masing Angelia de Sena (50), Marta Fernandes. (14), Rekardina Soares (45), dan Joanunha V. J. Soares (24).

Ini kronologisnya. Sekitar pukul 07.00 Wita, ke-10 WNI tersebut masuk ke wilayah Timor Leste melalui jalur tikus yang berada di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Mereka ditangkap oleh UPF Timor Leste dan ditanyakan terkait dokumen Keimigrasian yang dimiliki (Pasport/PLB). Akan tetapi, ke-10 WNI tersebut tidak memiliki dokumen yang dimaksud. Karena itu, pihak UPF Timor Leste segera mengamankan mereka dan menyerahkan ke-10 WNI tersebut kepada pihak Imigrasi Timor Leste.

Baca Juga :   Jelang Idul Fitri, Polres Malaka Gelar Operasi Ketupat Ranaka

Menurut pengakuan salah seorang WNI yang ditangkap mengatakan, mereka masuk ke wilayah Timor Leste untuk menghadiri pemakaman salah satu sanak keluarga mereka di Dili, Timor Leste tanpa ada izin sebelumnya dari pihak Imigrasi Indonesia.

Minggu (27/8) sekira pukul 12.05 Wita ke-10 WNI tersebut diserahkan oleh pihak Imigrasi Timor Leste kepada pihak imigrasi Indonesia yang berada di PLBN Mota’ain. Lima menit kemudian, ke-10 WNI tersebut dibawa ke Kantor Imigrasi PLBN Mota’ain Kabupateb Belu, untuk dilaksanakan pemeriksaan terkait permasalahan yang mereka lakukan. Tepat pukul 13.00 Wita, ke-10 WNI tersebut dipulangkan oleh petugas Imigrasi PLBN Mota’ain. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top