HUKUM & KRIMINAL

Frans Lebu Raya Apresiasi Inovasi IT “BLAST” yang Dibuat Polres Belu

Gubernur NTT Frans Lebu Raya melaunching program BLAST

ATAMBUA, Kilastimor.com-Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Polres Belu di bawah pimpinan AKBP Yandri Irsan dalam menciptakan Belu Anticipation System (Blast). Hal ini disampaikan oleh Frans Lebu Raya pada saat Launching Blast sebagai acara pembuaka Rapat Kerja (Raker) Polda NTT di Aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua, Selasa (29/8).

Menurut Frans Lebu Raya, saat ini, semua pihak dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih berkualitas. Tuntutan ini tidak hanya diberikan kepada pemerintah, tapi juga untuk TNI-Polri.

“Masyarakat mau yang cepat, masyarakat mau murah, masyarakat mau yang berkualitas. Itulah tantangan untuk kita,” ujarnya.

Sebagai kabupaten yang jumlah penduduknya 205 ribu jiwa dengan luas wilayah kurang lebih 2.446 kilometer persegi, serta berbatasan langsung dengan Timor Leste, Kabupaten Belu menjadi salah satu wilayah yang sangat rentan terjadinya kejahatan dan gangguan kamtibmas. Karena itu, inovasi ini diciptakan untuk memberikan pelayanan keamanan secara cepat dan tepat kepada masyarakat.

Blast hadir dengan empat inovasi utama yakni Blast Droid, Blast Border Security, Blast Button dan Smart City. Inovasi berbasis IT yang merupakan penjabaran dari 11 program kebijakan Kapolri. Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang cepat dan optimal kepada masyarakat guna terwujudkan Polri yang professional, modern dan terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi ini, dapat didownload dari playstore dengan nama aplikasinya Blast Polres Belu. Sebelum menggunakan aplikasi ini diharapkan mengisi data diri secara lengkap. Penggunan juga akan diberikan password untuk login.

Baca Juga :   Kapolres Perintahkan Penyidik Lidik Kasus ULP Belu

Blast Droid sendiri memiliki sembilan fitur utama. Ada fitur Berita Belu yang terhubung langsung dengan tribaratanewsbelu.com. ada juga fitur nomor penting yang berisi daftar nomor orang penting dan instansi penting di Belu. Ada pula fitur E3 Pilar Kamtibmas yakni dapat mengetahui daftar nama kepala desa, babinsa dan bhabinkamtibmas di semua desa selain itu, ada fitur Pengaduan SMS dan Fitur Wisata Belu.

Berikutnya, fitur Pelayanan yang bisa digunakan mengurus SIM dan SKCK, membuat laporan polisi secara online. Bagi yang mendaftar secara online, akan diberikan kode booking. Kode boking ini akan ditunjukan kepada petugas.

Fitur berikutnya adalah fitur Orang Dicari. Fitur ini berisi orang-orang yang masuk dalam daftar pencarian orang karena kasus kriminalitas. Selain itu ada pula Fitur Maps. Melalui fitur ini, kita bisa ketahui letak kantor polisi terdekat dari lokasi keberadaan kita.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top