RAGAM

30 Kepala Desa dan Ketua BPD Dilatih Susun Legal Drafting

Bupati Kupang pose bersama kepala desa dan ketua BPD.

OELAMASI, Kilastimor.com-Sebanyak 15 kepala Desa dan 15 ketua BPD dilatih dan dibelaki, terkait penyusunan Legal Drafting.
Kegiatan yang bertajuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Legal Drafting bagi aparatur Desa di Lingkup Pemkab Kupang ini bertempat di Chrysant Home Stay Baumata Kecamatan Taebenu. Bimtek ini dibuka Bupati Kupang Ayub, Titu Eki pada Selasa (29/08) dan berlangsung 3 hari, sejak tanggal 29-31 Agustus 2017.

Bupati Kupang, Ayub Titu Eki dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, pelaksanaan pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik, saat setiap perangkat desa mengetahui tugas dan fungsinya. Selain itu, terkait penyelenggaraan Pemerintahan Desa, salah satunya ialah penyusunan Legal Drafting.

Menurutnya, kegiatan Bimtek sangat bermakna, mengingat Kabupaten dan Desa merupakan daerah otonom, sehingga, penting sekali memberikan informasi dan pembekalan pengetahuan dalam pembentukan produk hukum di Desa.

Pembentukan produk hukum di Desa tentu disesuaikan dengan kondisi yang ada, sehingga diharapkan sinkron dan menyentuh kebutuhan masyarakat desa. Dengan demikian, benar-benar persoalan-persoalan yang terjadi di desa dapat diatur.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Bimtek Penyusunan Legal Drafting merupakan bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan desa dan pembinaan masyarakat. saat ini banyak aturan masyarakat yang sifatnya non tertulis dan terbentuk dalam sebuah kebiasaan budaya, namun sifatnya belum terlalu mengikat.

Mengingat belum ada acuan hukum, sehingga sangat diperlukan sebuah aturan tertulis yang dibuat bersama-sama dan disepakati bersama sehingga menjadi acuan baku dalam pelaksanaan kehidupan/aktivitas di Desa.

Baca Juga :   Menkes Letakkan Batu Pertama, Pembangunan RSUP di Kota Kupang Dimulai

Dia mengapreasi kegiatan ini dan berharap dapat terus dilaksanakan dan melibatkan unsur-unsur Desa lainnya seperti Sekdes dan diikuti oleh banyak aparatur Desa.

Dikatakan, mengingat kegiatan ini sebagai upaya dan wujud nyata peran Pemerintah Kabupaten Kupang mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pembangunan, Pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat Desa, sesuai dengan amanah Undang-Undang desa dan Peraturan Pelaksanaanya..

Kabag Hukum Setda Kabupaten Kupang, Soleman Luik yang juga sebagai Sekretaris pelaksana menjelaskan, Bimtek tersebut melibatkan instruktur dari berbagai kalangan. Disebutkan instruktur yang terlibat yakni, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT, Fakultas Hukum Undana, Bupati Kupang, Kepala BP4D Meserasih Ataupah, Kepala Dinas PMD Yohanis Masneno, Kepala BPKAD Krispinianus Patmawan. Semuanya masing membawakan materi-materi, diantaranya Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa, Implementasi Undang-Undang No. 6 tahun 2014, Sistem Keuangan Desa, penyusunan Peraturan Desa, Otonomi Desa dan kedudukan Desa. 

Dirinya berharap, penyelenggaraan kegiatan ini memacu aparat Desa bekerja dengan lebih baik. dalam hal ini, dikatakan aparat desa yang bekerja dengan Tepat dan bertanggung jawab. Disebutkan, mengingat pembangunan di Desa ditentukan oleh kualitas SDM yang handal serta mengerti aturan dan mekanisme yang ada. Pembentukan produk hukum desa menurutnya, merupakan pondasi utama dalam penyelenggaraan pembangunan di Desa. (qrs)    

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top