RAGAM

Ingin Tahu Tentang Polri, 157 Pelajar Binaan WVI Sambangi Polres Kupang

Anak binaan WVI kunjungi Polres Kupang

OELAMASI, Kilastimor.com-Guna mengetahui dan mengenal lebih dekat fungsi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), sebanyak 157 pelajar binaan Wahana Visi Indonesia (WVI), sambangi Polres Kupang.

Para pelajar ini berasal dari SDN Neobesi, SD GMIT Pehe, SDN Heubunif, dan SMPN 13 Takari. Mereka diterima oleh Kasat Binmas Polres Kupang Moris Illu. Disaksikan, kunjungan ini dilakukan pada Rabu (6/9), yakni di Polres Kupang.

Kasat Binmas Polres Kupang, AKP. Moris Illu, pada kesempatan ini, dalam arahannya, menyampaikan terimakasih kepada para pelajar tersebut, karena telah mengunjungi Polres Kupang. Dikatakan Polres Kupang secara terbuka menerima siapa pun, selama itu dari masyarakat untuk mengetahui sejauh mana kinerja dari pada Polri, terutama di Polres Kupang.

Dirinya pada kesempatan ini juga, menjelaskan terkait tujuan para pelajar tersebut, ingin belajar tentang fungsi Polri. Dikatakan, Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Tugas dan kewenangan Polri menurutnya, berpatokan pada Undang-undang nomor 2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Sesuai Undang-undang tersebut, terdapat tugas pokok dari Polri. Dalam pasal 13 UU No 2 Tahun 2002, dijelaskan bahwa tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut disebutkan, dalam tugas pokok yang ada, Polri dibagi dalam beberapa satuan agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab, sebagaimana ditetapkan dalam Undang-undang tersebut. Satuan-satuan tersebut antara lain Intel, Serse, Sabara, Lantas dan Binmas.

Baca Juga :   BPJS Kesehatan Cabang Atambua Gelar Gerakan Deteksi IVA dan Papsmear bagi Guru

Untuk diketahui bahwa, para pelajar tersebut sempat dipandu oleh Kasat Binmas mengunjungi dan melihat dari dekat berbagai satuan dan bidang yang ada di Polres Kupang. Satuang dan bidang yang sempat dikunjungi, yakni Intel, Serse, Sabara, Lantas, Binmas, dan bidang Humas. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top