RAGAM

Ini Biografi Lengkap Almarhum Daniel Asa

Daniel Asa

BETUN, Kilastimor.com-Almahum Daniel Asa lahir 58 tahun silam, tepatnya 23 April 1958 di Kampung Bikane, Manulea, kecamatan Sasitanmean. Wakil Bupati Malaka itu merupakan putra bungsu dari pasangan Arnoldus Fatin (Alm) dengan Viktoria Luruk Hane (alm).

Pria dari sepuluh bersaudara ini memiliki nama sapaan kesayangan “LONIS”. Sapaan itu datang dari keluarga dan teman-teman bermainya.

Ketika beranjak ke jenjang pendidikan formal yakni Sekolah Dasar Katolik (SDK) Kaputu teman-temanya memanggilnya DAN. Almarhum tidak sempat menamatkan sekolah pada SD tersebut. Daniel Asa kemudian pindah dari Kaputu dan melanjutkan studi di SDK St. Yosef I dan tamat tahun 1973. Semua atas dukungan saudara-saudaranya, Makdalena Muti, Willy Kalau dan Yohanes Atolan.

Pada tahun 1976, almarhum Daniel Asa, menamatkan pendidikan di SMPK Don Bosco, Atambua, dan almarhum langsung melanjutkan studi di SMA Suria Atambua dan akhinya tamat pada tahun 1980.

Selepas tamat dari SMA Surya atambua Almarhum melanjutkan pendidikan di Universitas Cendana Kupang, Jurusan Ilmu Administrsi hingga selesai dengan gelar sarjana pada tahun 1986.
Dengan gelarnya itu, Daniel Asa mulai berkarier sebagai abdi negara yakni PNS dilingkup Pemerintah Kabupaten Belu.

Suami dari Maria Theresia Un ini dalam perjalanan karirnya pernah menjdi Camat Malaka Tengah. Almarhum kemudian menjadi Kabag Pemdes. Karir ayah dari tiga putri itu terus menanjak. Daniel Asa dipromosi jadi Kepala Badan Kesbangpolinmas Belu. tiga tahun kemudian, Daniel Asa ditunjuk sebagai Sekretaris DPRD Belu.

Baca Juga :   Ini Harapan BMPS kepada Pemda NTT Terkait Sekolah Swasta

Ketika Malaka di mekarkan menjadi kabupaten defenitif dari Kabupaten Belu 2013 silam, Daniel Asa didaulat menjadi Inspektur Inspektorat Malaka. Jabatan strategis yang diemban itu, membuat dilirik masuk kontestasi pilkada.

Berpasangan dengan dr. Stef Bria Seran, MPH, keduanya berhasil memenangkan pilkada Malaka Perdana 2015.
Daniel Asa kembali memantapkan karirnya sebagai Wakil Bupati Malaka mendamping Stef Bria Seran.
Pada 2016 lalu, mereka dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malaka perdana periode 2016-2021.
Ternyata ini karir tertingginya.
15 September 2017 lalu, Daniel Asa menghembuskan nafas terakhir di Rumah sakit RSPP Webua Betun pukul 06:00 wita, akibat serangan jantung.

Dijalur Partai Politik, Daniel Asa memilih Partai Demokrat sebagai kendaraannya. Dalam Muscab 2016, Daniel Asa terpilih sebagai Ketua DPC Demokrat Malaka.

Selamat Jalan Almarhum Daniel Asa. Jasamu dikenang selalu. (piss)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top