RAGAM

“Jangan Penjarakan Anak-anak Dalam Gedung Sekolah”

Gabriel Beri Bina ketika melihat aktivitas anak PAUD

KALABAHI, Kilastimor.com-Sebagai bagian kepedulian terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Wakil Ketua 2 DPRD Provinsi NTT Gabriel Abdi Kesuma Beri Bina, meminta masyarakat dan guru PAUD agar jangan membatasi ruang gerak anak-anak dengan gedung sekolah. Karena dalam ruang kelas kreatifitas, perkembangan dan pertumbuhan mereka seolah-olah dipenjarakan.

Hal tersebut disampaikan Beri Bina, ketika mengunjungi dan ikut bermain-main anak-anak dengan PAUD Cinta Bunda Adipala di Dusun 2 Tabulubui Desa Talawai kecamatan Lambor. Bire Bine menyampaikan hal tersebut kepadakilastimor.com, di sela-sela kunjungan dalam masa resesnya, pada Sabtu (26/8) lalu. 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, anak-anak pada masa emas, bertumbuh dan berkembang, tidak bisa dipaksakan untuk menyerap pendidikan layaknya pendidikan dasar. Tetapi mereka lebih banyak perlu dilatih untuk memiliki karakter yang unggul. Selain itu, anak-anak sejak dini diajar untuk memiliki mengembangkan kreatifitas mereka.

Dirinya menambahkan, sejak dini juga anak-anak perlu diajar untuk mengenal dan mencintai alamnya, sehingga kelak mereka menjaga merawatnya. Sehingga menurutnya, membangun gedung bagi anak-anak PAUD juga baik, tetapi jangan sampai gedung seperti memenjarakan atau membatasi ruang gerak mereka.

“Untuk itu, perlu saya tegaskan, jangan penjarakan anak-anak PAUD dalam gedung, karena itu akan membatasi mereka untuk berekspresi,” tegasnya.

Selain itu, Beri Bina juga mengatakan, sebagai bagian dari kepeduliannya dalam menigkatkan kualitas PAUD di kabupaten Alor, pada kesempatan tersebut, Bire Bina mengikutsertakan dua pelatih guru PAUD. Kedua pelatih ini adalah sukeralawati yang berasal dari Wadah Foundation.

Baca Juga :   212 Mahasiswa Undana KKN di Belu

Beri Bina mengungkapkan, kedua pelatih ini dihadirkan untuk meningkatkan kualitas SDM guru PAUD di kabupaten Alor. Kedua pelatih Guru PAUD tersebut, yakni Eva Dacosta dan Lili Seran.

Disaksikan, kedua pelatih tersebut bermain dan bernyanyi bersama anak-anak PAUD Cinta Bunda Adipala di Dusun 2 Tabulubui Desa Talawai. Keduanya berbagi pengalaman dan ilmu dengan para pendidik PAUD tersebut. Pada kesempatan ini, terlihat Beri Bina juga menyempatkan diri ikut bermain dan bernyanyi bersama anak-anak PAUD Cinta Bunda Adipala.

Untuk diketahui, melihat anak PAUD Cinta Bunda Adipala di Dusun 2 Tabulubui Desa Talawai yang banyak, sedangkan pendidiknya yang kurang, sehingga Beri Bina meminta masyarakat untuk menambah dua orang pendidik. Dirinya juga berjanji akan mengirimkan pendidik PAUD tersebut untuk mengikuti pelatihan di Kupang. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top