RAGAM

Perdana Menteri Timor Leste Sumbang Hewan Kurban di Idul Adha di Masjid Annur Dili

Gastao Sousa

DILI, Kilastimor.com-Perdana Menteri Timor-Leste Dr. Rui Maria de Araujo melalui kabinetnya memberikan hewan kurban kepada umat muslim di Masjid Anur Kampung Alor, Dili, Timor-Leste, pada Kamis (31/8). Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas kepada umat muslim yang akan merayakan Idul Adha di Dili, Timor-Leste.

Timor-Leste adalah sebuah negara baru yang memiliki masyarakat yang minoritas beragama muslim. Meskipun demikian, namun negara Timor Leste sebagai negara yang mayoristas masyarakatnya beragama Kristen katolik saling menghormati satu satu sama lain. Masyarakat Timor-Leste selalu menjunjung tinggi nilai humansime serta saling toleransi antar umat beragama.

“Pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakatnya untuk beragama sesuai dengan kayakinan mereka. Karena itu, harus saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain, tidak peduli pada ras atau pun agama. Marilah kita bersatu dan bersama untuk pembangunan Timor Leste,” ujar Menteri Pembangunan dan Infrastruktur Timor Leste, Gastao Sousa saat menyerahkan hewan kuban berupa kerbau di Masjid Annur.

Gastao Sousa mengatakan, kebebasan beragama sebagai bentuk kebebasan untuk berkeyakinan. Meskipun umat muslim sebagai warga negara minoritas, tapi mereka memiliki hak untuk hidup dan beragama.

“Sebagai warga Timor-Leste, marilah kita memberikan rasa solidaritas kepada teman-teman kita yg beragama Islam agar mereka bisa merayakan hari besar mereka,” imbaunya.

Muhamad Annur Dacosta selaku sebagai Ketua Komisi Penyelengara Hari Idul Adha mengatakan, Idul Adha sebagai hari besar kurban untuk pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Setiap tahun umat muslim selalu menyelengarakan hari besar ini.

Baca Juga :   Pilkada TTU, Potensi Head to Head Ray Vs Eusebio Kian Dekat

Dia mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Timor-Leste sebagai salah satu tokoh dan pemimpin negara yang selalu memberikan dukungan kepada umat muslim yang berada di Timor Leste.

“Saya atas nama umat muslim mengucapakan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada beliau dan juga kabinet perdana menteri,” tutur Muhamad Anur Dacosta.

Senada, Sidik Lemorai, sebagai anggota komisi penyelengaraan Idul Adha menjelaskan, komisi ini sejak 25 Agustus 2017 sudah melakukan persiapan dengan rutinitas untuk menerima hewan kurban untuk perayaan Idul Adha. Sumbangan ini mereka terima dari dalam negeri, para penjabat tinggi negara dan juga dari luar negeri seperti Indonesia.

Sidik juga menjelaskan, saat ini , komisi penyelengara juga bersiap untuk menyambut Presiden Timor Leste yang akan berkunjung ke mesjid itu Jumat (1/9) setelah selesai sholat.

“Besok kami akan menyembelih kerbau 5 pada jam 9 setelah selesai sholat dan kami akan mendistribusikan kepada semua warga yang dekat mesjid Annur baik itu muslim maupun non muslim,” ujarnya.

1 September 2017 ditetapkan sebagai hari Idul Adha bagi umat muslim di seluruh dunia. Walaupun warga Timor-Leste mayoritas Katolik, tapi mereka semua sagat antusias menyambut perayaan hari Idul Adha ini. (Miquitho fallu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top