RAGAM

Mendikbud Resmikan 5 USB di NTT

Gubernur bersama Mendikbud gunting pita.

OELAMASI, Kilastimor.com-Sebanyak 5 Unit Sekolah Baru (USB) di NTT, yang dibangun melalui anggaran APBN TA. 2016-2017, diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Efendi. Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis di SMPN 8 Kupang Timur, Kabupaten Kupang, pada Jumat (29/09).

Mendikbud, dalam sambutannya berharap pembangunan gedung sekolah baru yang baik merupakan motivasi bagi guru dan siswa, terutama kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik dan berkualitas.

Para siswa katanya, diharapkan harus lebih giat belajar, rajin dan semakin bersemangat untuk bersekolah.

Menurutnya, pembangunan gedung sekolah baru hanya merupakan sarana dan fasilitas saja, tetapi yang terpenting adalah gairah dan semangat para siswa yang terus dipacu, agar kelak menjadi generasi berkualitas daerah ini.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pembangunan SDM di NTT merupakan kunci utama untuk membangun daerah ini menjadi lebih maju dan lebih baik lagi. Sehingga, tidak ada pilihan lain untuk membangun NTT menjadi lebih baik, selain membangun SDM nya semakin berkualitas, cerdas dan mampu memanfaatkan potensi daerah secara baik untuk kemajuan daerah.

Dikatakan, salah satu potensi dan aset terbesar di NTT adalah, keindahan alamnya yang sangat menawan. Pantai-pantai di NTT menurutnya sangat indah dan tidak kalah dibanding daerah lain seperti Bali. Jika dikelelo dan ditata secara baik, akan menjadi magnet pariwisata yang tentu berdampak bagi kemajuan daerah.

Baca Juga :   Lanjutkan Penyidikan, Bea Cukai Atambua Tetapkan Satu Tersangka Penyelundup Mobil Cadillac

“Menurut saya sekaya apapun sebuah daerah, tanpa didukung oleh SDM yang handal sulit untuk memberikan dampak bagi kemajuan daerah itu sendiri. Jika SDM-nya bagus, meski daerah terbatas akan memberikan dampak bagi kemajuan daerah itu sendiri,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya dia berpesan agar para guru, siswa dan komite dapat bersama-sama merawat dan menjaga gedung sekolah yang baru tersebut dengan baik.  Menurutnya, gedung tersebut merupakan amanah Pemerintah, sehingga perlu dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam sambutannya mengajak semua masyarakat, guru dan siswa siswi SMPN 8 Kupang Timur mengucap syukur atas terbangunnya 5 gedung baru.

Dirinya mengungkapkan,  persoalan sarana dan prasarana pendidikan masih menjadi permasalahan utama yang dihadapi masyarakat NTT. Dimana, APBD NTT saat ini  hanya berjumlah 3,7 Triliun dan 20 % hanya untuk pendidikan atau hanya sekitar Enam Ratusan Miliar saja. Selain itu, dirinya berharap, selain gedung yang dibangun, kementerian juga perlu memperhatikan penambahan tenaga pengajar di NTT.

Kepada para siswa Gubernur dua periode ini  berharap, agar dapat belajar dengan lebih baik dan lebih rajin lagi, sehingga menjadi manusia NTT yang cerdas. Kepada orang tua yang hadir, dirinya juga berharap agar dapat memberikan perhatian bagi pendidikan dan kesehatan anaknya.

“Kepada para orang tua, saya berharap agar dapat memberikan perhatian bagi pendidikan dan kesehatan anaknya. Terkait kesehatan, anak-anak  tolong dibiasakan makan sayur dan ikan, agar anak bisa bertumbuh dengan baik dan sehat. Kurangilah makanan instan yang kurang bermanfaat bagi tubuh,” Pesannya.   

Baca Juga :   Kasus Pengrusakan Rumah Baltasar di Bonibais Malaka, Harus di Usut Tuntas

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, dalam laporannya mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan mendukung suksesnya program nawacita.

“Kami berharap, melalui kebijakan tersebut, membuka akses pendidikan yang seluas-luasnya, merata dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat indonesia,” ungkapnya.  

Untuk diketahui, selain SMPN 8 Kabupaten Kupang, 4 USB lain yang diresmikan dan ditandatangan prasastinya oleh Mendikbud, Muhadjir Efendi yakni, USB SDN Palanggay di Kabupaten Sumba Timur, SMAN 1 Merie kabupateb Ngada, SMK Khatolik Santo Markus Kabuoaten Sikka, USB Keberbakatanan Olah Raga Flobamora di Kota Kupang.

Peresmian ke-5 USB tersebut dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa dana program peningkatan sarana dan prasarana untuk Povinsi NTT tahun 2016 dan 2017 oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah kepada Gubernur NTT dengan disaksikan oleh Menteri P dan K. Hadir pula dalam acara ini, Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top