RAGAM

Banjir Landa Desa Motaain, Malaka Barat, Warga Pilih Mengungsi

Banjir rendam rumah warga di Desa Motaain.

BETUN, Kilastimor.com-Desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, Malaka, Senin (29/1) dini hari dilanda banjir. Banjir merendam rumah warga, lahan pertanian juga fasilitas umum. Banjir yang terjadi akibat Sungai Benenain meluap, dengan ketinggian mencapai pingang orang dewasa satu meter.

Dari pantauan media ini di lokasi Dusun Sukaer Laku, ketinggian banjir sekira 1 meter, sehingga masyarakatnya memilih untuk mengungsi ke ketinggian yang tidak terkena banjir dampak Sungai Benenain.

Masih menurut pantauan media ini, ada tiga unit rumah masing-masing milik Yosef Suri, Rofinus Klau dan Yakobus Tahu Manek mengalami kerusakan akibat diterjang banjir.

Kepala Desa Motaain, Salmon Leki ketika ditemui dikantor desa menyatakan ada lima dusun yang terkena dampak banjir diantaranya, Dusun Debuk kmetan  24 Kepala Keluarga (KK), Dusun Derok laran  41 KK, Dusun Sukaer Laku 45 KK, Dusun Laen Molin 25 KK dan Dusun Motaain 60 KK.

Dia melanjutkan, luas lahan pertanian masyarakat 49,1 hektar yang terdampak banjir. Disamping itu fasilitas umum, kantor desa, SDK Motaain, Posyandu dan 10 sumur masyarakat terendam air.

“Ini saja masih awal Januari banjir sudah besar begini, yang kita takutkan bulan Februari dan Maret pasti akan lebih besar lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Yosep Suri warga dusun Debu Kmetan mengatakan, air mulai naik hingga memasuki rumahnya Senin dini hari. Ia bersama istri dan anaknya tidak bisa tidur karena harus memindahkan barang -barang ke tempat yang tinggi. Debit air yang terus meningkat membuat ia bersama keluarganya harus mengungsi ke rumah keluarganya di Betun.

Baca Juga :   Ingin Tahu Potensi Unggulan Malaka, BI Gelar FGD

“Air naik sampai dada saya ini bagaimana kita bisa tidur. Tempat tidur semua air angkat naik. Karena khawatir air naik semakin tinggi, saya dan keluarga memutuskan untuk mengungsi sementara,” ungkapnya sambil memindakan barang-baranya. (pisto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top