RAGAM

Bawaslu NTT Pantau Coklit Data Pemilih di Desa Suai, Malaka

Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna pose bersama PPDP dan masyarakat.

BETUN, Kilastimor.com-Koornator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antara Lembaga (PHL) Bawaslu NTT, Jemris Fointuna didampingi Panwaslu Kabupaten Malaka, Panwascam serta KPU Kabupaten Malaka melakukan pengawasan terhadap proses pencocokan dan penelitian (coklit) di Desa Suai, Kecamatan Malaka Tengah, Malaka, Minggu (21/1/2018).

Jemris Fointuna ketika dikonfirmasi usai melakukan pengawasan di lapangan menjelaskan, pada prinsipnya Bawslu NTT berharap semua penduduk potensial pemiliH didata. Ini merupakan hak konstitusional masyarakat.

Ia menuturkan, waktunya cukup lama untuk melakukan coklit ini mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018 nanti. Karena itu, diharapkan semua pihak bisa melakukan coklit secara utuh.

“Kami datang untuk meyaksikan langsung proses coklit, apakah proses coklitnya apa sesuai dengan prosedur atau tidak. Kami berharap PPDP bisa melakukan tugas yang baik. Bilamana ada hal-hal lain yang meragukan identitas pemilih itu, maka segera konsultasi ke jejang atasanya untuk mendapatkan jalan keluar.

Dia menambahkan, pada prinsipnya coklit ini untuk memastikan nama pemilih muncul di DPT. Jika ada yang namanya tidak muncul, maka masih ada waktu untuk dimasukan PPDP sebelum ditetapkan menjadi DPT. Cara memasukannya bisa melalui PPS, KPU dan melalui Panwas agar yang bersangkutan untuk didaftarkan.

“Sejauh ini prosesnya masih lancar, tidak ada kendala seperti yang saya lihat. Sebab semua petugas yang kita turunkan di lapangan sudah jalani bimtek. Disamping itu, ketika PPDP turun tidak sendiri, namun selalu didampingi dari Panwascam, Panwaslu kabupaten dan KPU, sehingga ada masala langsung diselesaikan. (pisto)

Baca Juga :   Bawaslu Malaka Mulai Awasi Pemasangan APK dan Postingan Media Sosial para Caleg
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top