EKONOMI

Bupati Kupang Tanam Pakan Ternak di Desa Fatukanutu

Bupati Kupang menanam pohon sebagai pakan ternak.

OELAMASI, Kilastimor.com-Bupati Kupang,  Ayub Titu Eki, melakukan penanaman pakan ternak jenis Tramba, di lahan milik Kelompok Tani Nunsono. Kegiatan ini digelar di Desa Fatukanutu,  Kecamatan Amabi Oefeto, Selasa (16/1).

Ketika ditemui kilastimor.com, Bupati Kupang mengapresiasi semangat kerja kelompok Tani Nunsono yang telah menggelar kegiatan tersebut.

Dikatakan di Kabupaten Kupang, ada banyak kelompok tani yang sudah dibentuk, tetapi tidak seperti kelompok Tani Nunsono tersebut. Dirinya melihat bahwa kelompok tersebut telah menerapkan program Taman Eden yang telah dicanangkan di Kabupaten Kupang.

Dirinya pada kesempatan ini, juga mengapresiasi Dinas Peternakan Kabupaten Kupang yang menginisiasi kelompok ini untuk mengembangkan pakan ternak, jenis tramba. Dirinya berharap, kelompok tani di setiap lahan yang dimiliki oleh kelompok tani, dapat diintegrasikan menjadi taman Eden.

Dirinya menjelaskan, Taman Eden komponennya terdiri atas tanaman umur pendek, tanaman tahunan atau umur panjang, tanaman industri kayu dan tanaman pendukung ternak atau tanaman hijauan pakan ternak.

Disebutkan, tanaman umur pendek, yang bisa ditanam di Taman Eden, yakni termasuk didalamnya seperti jagung, holtikultura dan lain sebagainya. Kemudian tanaman umur panjang, seperti pisang, mangga, kelapa nangka dan tanaman umur panjang lainnya. Untuk tanaman industri untuk kayu, diharapkan ditanam tanaman jati. Tetapi tanaman ini sendiri dihimbau agar petani dapat menanamnya di pinggir kebun atau Taman Eden. Sedangkan untuk tanaman hijauan pakan ternak, seperti yang dilakukan kelompok Tani Nunsono. Mereka menanam tanaman jenis pakan Tramba.

Baca Juga :   Bupati Malaka: Realisasi Anggaran Rendah Karena Lemahnya Perencanaan SKPD

Bupati dua periode ini menambahkan, tanaman pakan ternak sendiri, dapat terintegrasi dengan penggemukan sapi. Dengan demikian menurutnya, Taman Eden diharapkan dapat terintegrasi dengan peternakan. Sehingga semakin mendatangkan keuntungan bagi kelompok tani yang ada.

Mewakili Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, Sekretaris Dinas, Bambang Permana pada kesempatan ini, menjelaskan bahwa, kegiatan yang dihadiri bupati kupang tersebut, adalah dalam upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Alam dan populasi ternak, untuk maksimalisasi pemanfaatan lahan tidur melalui penanaman hijauan pakan ternak lamtoro tarambah yang terintegrasi dengan komoditi lainnya.

Ditambahkan, tujuan kegiatan ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan pakan ternak dan peningkatan populasi serta kualitas ternak serta peningkatan pendapatan peternak. Diharapkan, kegiatan ini akan berdampak pada peningkatan kepemilikan ternak dan kesejahteraan peternak.

Sementara itu, ketua kelompok tani Nunsono,  Benyamin Sefi  pada kesempatan ini menyampaikan terimakasih, atas kehadiran  Bupati Kupang  dalam kegiatan tersebut. Kehadiran Bupati merupakan motivasi bagi kelompok Tani Nunsono.  

Dirinya menjelaskan, Kelompok Tani Nunsono telah dibentuk kurang lebih tahun,  yakni sejak tahun 2016. Kelompok ini beranggotakan 60 orang. Awal berdirinya kelompok ini, hanya bertujuan untuk  gotong-royong, saling membantu untuk mengerjakan pekerjaan setiap anggota. Tetapi memasuki akhir 2017, kelompk tani ini dibina oleh Dinas Peternakan Kabupaten Kupang.  Sejak tiga bulan dibina oleh dinas peternakan,  kelompok ini kemudian mulai membuka lahan seluas 25 hektar dari 250 hektar yang direncanakan, untuk menanam pakan ternak, jenis tramba. tahan hama,  selain itu, di lahan ini juga, ditanami jagung dan  kacang tanah.

Baca Juga :   Satgas Pamtas Gelar Pengobatan Massal di Kobalima Timur

Untuk diketahui, pada kesempatan ini, ketua kelompok secara langsung  meminta Bupati Kupang, untuk menjadi bagian dari kelompok tani ini, yakni sebagai Pelindung dan Penasehat. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top