POLITIK

Calon Pemilih Dibawah Umur Namun Sudah Menikah Bisa Gunakan Hak Suara

Anggota Panwaslu Malaka konsultasi dengan Kadis Pendukcapil Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Anggota Panwaslu Kabupaten Malaka, Jhon Seran Suri bertemu Kadis Pendukcapil Kabupaten Malaka, Ferdynandus Rame di ruang kerjanya, Selasa (16/1). Pertemuan itu dilakukan untuk menyatukan presepsi terkait calon pemilih yang masih dibawah umur yang sudah menikah dan sudah memiliki kartu keluarga.

Dalam pertemuan tersebut, Panwaslu menanyakan terkait pemilih yang umur sekitaran umur 15-17 tahun yang sudah menikah, apa bisa diperbolehkan memilih dalam pemilihan nantinya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendukcapil menjelaskan sesuai Undang-Undang bisa memilih, yang terpenting bisa ada kartu keluarga bagi yang sudah menikah.

“Ini bukan kepala dinas dan staf yang keluarkan, tapi sesuai dengan regulasi yang diedarkan Mnteri Dalam Negeri. Kalau ini masih dipersolakan, maka bisa dikonsultasikan kepada Mendagri sebagai penangung jawab atas penyelengaraan pemilu.

Ia menambahkan, bagi yang belum menikah jika ia membawa kartu keluarga yang sudah dikeluarkan dari kantor dispenduk disertai dokumennya lengkap, maka akan ada tahapan yang harus di selesaikan sehingga bisa ikut dalam pemilu untuk mengunakan hak pilihnya. (pisto)

Baca Juga :   Majelis Hakim PN Atambua Gelar Sidang Lapang di Bolan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top