RAGAM

Pesta St. Arnoldus Yansen, Unwira Kupang Gelar Misa

KUPANG, Kilastimor.com-Hari ini Gereja Katolik yang satu dan universal di seluruh dunia merayakan pesta St. Arnoldus Yansen yang adalah pendiri Serikat Sabda Allah (SVD), Kongregasi SSpS dan SSpS Adorasi Abadi.

Bertepatan dengan itu Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang di bawah Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar) pun tentu mengambil bagian dalam merayakan pesta santo pelindungnya ini.

Perayaan bersama segenap keluarga besar Unwira ini diawali dengan perayaan Ekaristi konselebrasi ( Perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Banyak Imam Katolik). Misa Konselebrasi yang menghadirkan Imam-Imam Diosesan dan Imam SVD yang berjumlah 20 orang ini berlangsung di aula A300 Kampus utama Unwira pada pukul 10.30 Wita.

Perayaan ekaristi yang dipandu oleh Marsela Bere, S.Pd berlangsung meriah dengan alunan musik dan suara yang merdu dari paduan suara mahasiswa program studi Sendratasik Unwira.

Dalam Homilinya, Pater Rektor Unwira, Dr. Philipus Tule, SVD mengatakan perihal kanonisasi Arnoldus Yansen menjadi Santo yang kemudian diakui spiritualitasnya oleh Gereja katolik yang universal dengan kesadaran dasar ialah cinta akan sabda Allah oleh karena itu didirikan tiga konggregasi ini.

Dikabarkan bahwa “hingga saat ini memasuki usianya yang ke 143 tahun, SVD sudah mempunyai 5.985 orang klerus di seluruh dunia dan 1.224 orang di Indonesia.
SSpS dalam usia 129 tahun sudah mempunyai 3.045 orang biarawati di dunia dan 760 orang di Indonesia. Dan Indonesia telah mengirimkan 500-an misionaris ke luar negeri dan inilah jasa dan karya agung Allah dalam diri St. Arnoldus Yansen,” Ungkap Pater Rektor Unwira.

Baca Juga :   Tak Terima Dana Reses, Anggota DPRD Ini Malah Diperiksa BK DPRD Belu

Selanjutnya P. Philipus Tule, SVD mengungkapkan pada prinsipnya hidup St. Arnoldus Yansen adalah prinsip hidup manusia. Perutusannya adalah perutusan kita semua. Panggilan hidup dan karya misinya adalah karya misi kita yaitu membawa terang dan kasih ke seluruh dunia. Di mana dalam bahasa St. Paulus yang kemudian menjadi tema hari ini yaitu membawa kasih Kristus kepada semua orang karena kasih Kristus menguasai kita sebagaimana dalam Surat Paulus kepada umat di korintus 5:14 itu.

Mantan Ketua STFK Ledalero ini melanjutkan, putera-puteri Arnoldus diutus untuk membawa terang dan kasihnya di berbagai bidang karya yaitu karya pastoral misioner dimana para misionari bekerja di Paroki paroki terpencil.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top