RAGAM

Pesta St. Arnoldus Yansen, Unwira Kupang Gelar Misa

KUPANG, Kilastimor.com-Hari ini Gereja Katolik yang satu dan universal di seluruh dunia merayakan pesta St. Arnoldus Yansen yang adalah pendiri Serikat Sabda Allah (SVD), Kongregasi SSpS dan SSpS Adorasi Abadi.

Bertepatan dengan itu Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang di bawah Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar) pun tentu mengambil bagian dalam merayakan pesta santo pelindungnya ini.

Perayaan bersama segenap keluarga besar Unwira ini diawali dengan perayaan Ekaristi konselebrasi ( Perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Banyak Imam Katolik). Misa Konselebrasi yang menghadirkan Imam-Imam Diosesan dan Imam SVD yang berjumlah 20 orang ini berlangsung di aula A300 Kampus utama Unwira pada pukul 10.30 Wita.

Perayaan ekaristi yang dipandu oleh Marsela Bere, S.Pd berlangsung meriah dengan alunan musik dan suara yang merdu dari paduan suara mahasiswa program studi Sendratasik Unwira.

Dalam Homilinya, Pater Rektor Unwira, Dr. Philipus Tule, SVD mengatakan perihal kanonisasi Arnoldus Yansen menjadi Santo yang kemudian diakui spiritualitasnya oleh Gereja katolik yang universal dengan kesadaran dasar ialah cinta akan sabda Allah oleh karena itu didirikan tiga konggregasi ini.

Dikabarkan bahwa “hingga saat ini memasuki usianya yang ke 143 tahun, SVD sudah mempunyai 5.985 orang klerus di seluruh dunia dan 1.224 orang di Indonesia.
SSpS dalam usia 129 tahun sudah mempunyai 3.045 orang biarawati di dunia dan 760 orang di Indonesia. Dan Indonesia telah mengirimkan 500-an misionaris ke luar negeri dan inilah jasa dan karya agung Allah dalam diri St. Arnoldus Yansen,” Ungkap Pater Rektor Unwira.

Baca Juga :   Ini Penjelasan Sekda Belu Terkait Nasib Teko

Selanjutnya P. Philipus Tule, SVD mengungkapkan pada prinsipnya hidup St. Arnoldus Yansen adalah prinsip hidup manusia. Perutusannya adalah perutusan kita semua. Panggilan hidup dan karya misinya adalah karya misi kita yaitu membawa terang dan kasih ke seluruh dunia. Di mana dalam bahasa St. Paulus yang kemudian menjadi tema hari ini yaitu membawa kasih Kristus kepada semua orang karena kasih Kristus menguasai kita sebagaimana dalam Surat Paulus kepada umat di korintus 5:14 itu.

Mantan Ketua STFK Ledalero ini melanjutkan, putera-puteri Arnoldus diutus untuk membawa terang dan kasihnya di berbagai bidang karya yaitu karya pastoral misioner dimana para misionari bekerja di Paroki paroki terpencil.

Selanjutnya pada karya pastoral kategorial di bidang pendidikan dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Karya pastoral kategorial di bidang kesehatan ada suster-suster kita melaksanakan misi di bidang kesehatan, poliklinik, rumah sakit.
Dibidang dialog profetis, berdialog dengan pemerintah, berdialog dengan agama lain dan bermacam macam karya sosial karitatif dan semuanya seperti dalam bacaan pertama tadi atau dalam bahasa St. Paulus kepada umat di Efesus memberi teladan kepada kita untuk melakukan karya terang dengan berdoa” ungkap Pater Philipus Tule yang meraih gelar doktor di The Australian National University Canberra Australia ini.

Pater Philipus melanjutkan dalam perspektif Yohanes, Paulus, dan St. Arnoldus Yansen kita patut meneropong diri kita masing masing termasuk meneropong komunitas perguruan tinggi kita unwira yang berlindung pada St. Arnoldus. Bahwa kita sadar dan mengakui sebagai manusia yang lemah, lalai, berdosa di antara semua orang kudus maka kita perlu bercermin pada keutamaan st. Arnoldus. Ada macam-macam bidang yang kita bisa periksa pada setiap kali kita merayakan pesta St. Arnoldus.

Baca Juga :   26 September, Anggota DPRD Belu Ikut Orientasi

Pertama: sebagai pribadi perlu mencermin pada St. Arnoldus untuk menjadi Misionaris sejati di luar negeri, di dalam negeri termasuk di komunitas komunitas.
Kedua: sebagai pribadi kita patut bercermin tentang nasehat kesederhanaan dan pengorbannnya. Demi nama Tuhan Arnoldus menegaskan bahwa kita harus dengan sukarela menerima penderitaan yang kecil dan penderitaan besar.
Ketiga: St. Arnoldus berpesan kepada anggota yang dipercaya sebagai pemimpin. Untuk kedudukan anda sebagai pemimpin saya dengan rendah hati memohon berkat Tuhan agar selalu memelihara hubungan dan ketaatan kepada pemimpin yang lebih tinggi sebagaimana saya yang ditetapkan oleh Tuhan sebagai pembesar anda. Taat kepada pemimpin yang lebih tinggi dan taat pula kepada bawahanmu sebagimana St. Arnoldus setiap minggu mempersembahkan satu misa kepada angotanya di manapun berada.

Keempat: sebagai pribadi dan komunitas kita diajak untuk tekun dan bekerja keras dengan tugas kita masing masing. Untuk karya yang sangat luhur ini kita mempertaruhkan waktu, tenaga, hidup, bahkan darah kita bagi Allah dan sesama.
Kelima: Untuk unwira sebagai insan perguruan tinggi, sebagai Guru dan Dosen kita belajar dari St. Arnoldus yang adalah guru Matematika. Ada tambah, ada kurang ada kali, semestinya jangan hanya mengetahui matematika semata, harus dimaknai lebih luas, bagimana mengetahui tambahan kebajikan, tambahan kesejahteraan, tambahan kelimpahan hidup sehingga prinsip kita Ut vitam habeant abundantius. Berlimpah ilmu, berlimpah kebaikan dan lain sebaginya. “Berbagi, atau sharing, peduli dengan orang. Kurang, tentu kita semua tahu dan sadar bahwa diri setiap kita mempunyai kekurangan, kelemahan maka butuh bantuan butuh kerja sama inilah menjadi ciri kebersamaan dalam komunitas.
Inilah situasi yang kita alami,” ujarnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Nasionalisme, Babinsa se-Koramil Betun Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Diakhir homili ia meneruskan pesan St. Arnoldus Yansen “saya tidak penting, SVD tidak penting, SSpS tidak penting, tetapi sabda Allah adalah segala galanya.

Pantauan media ini, sebelum berkat penutup, diadakan pemberian piagam penghargaan kepada kedua Wakil Rektor yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai Wakil Rektor I bidang akademik Drs. Kristianus Manek, M.Sc dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Finsensius Samara, SH, MHum.

Diinformasikan bahwa yang mengganti posisi Wakil Rektor I Bidang Akademik adalah Dr. Yoseph Laynurak, M.Si, Wakil Rektor II bidang personalia adalah Wolfram Ndouk, SE, MM dan Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan Drs. Servasius Rodriques, M.Si.

Kegiatan perayaan St. Arnoldus Yansen berakhir dengan santap siang bersama dan berjoget ria bersama keluarga besar unwira dalam nuansa kekelurgaan dan acara ini dipandu oleh master of Ceremony Fransiska Da Santo, SH,MHum Ketua Program Studi ilmu Hukum pada Fakultas Hukum unwira Kupang.
(dinho mali)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top