RAGAM

PPL Desa se-Kecamatan Kobalima Timur Dilantik. Panwaslu Malaka: Utamakan Pencegahan

BETUN, Kilastimor.com-Panwaslu Kabupaten Malaka bersama Panwascam Kobalima Timur melakukan pelantikan dan bimbingan teknis panitia pengawas pemilihan umum desa se-kecamatan Kobalima Timur, untuk menghadapi pemiliham Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur di kantor Desa Alas, Minggu (15/1/2018).

Hadir pada kesempatan tersebut, Camat Kobalima Timur, Wens Leki, anggota Panwaslu Kabupaten Malaka, Jhon Seran Suri, anggota KPU Malaka, Makarius Bere, Danramil Kobalima, Lastanto, perwakilan Polsek Kobalima dan Panwascam Kobalima Timur, Simon Leto serta undangan lainnya.

Camat Kobalima, Wens Leki dalam sambutanya mengatakan, pelantikan ini bukan seremonial belaka tapi pelantikan itu sumpah makanya harus di hayati, karena ini menyangkut tugas dan amanat yang harus dijalankan dengan baik dan betul-betul dijalankan.

“Karena kita adalah garda terdepan perbatasan antar dua negara, jadi ini tugas amat berat. Jadi jalankan tugas itu benar-benar dengan hati, mari kita saling koordinasi karena kita semua mengiginkan pemilihan ini berjalan dengan aman, walaupun di daerah perbatasan kita harus jamin aman,” tuturnya.

Camat berpesan kepada 4 orang pengawas desa yang sudah dilantik, agar bisa mengikuti bimtek ini dengan baik karena tugas dan tangung jawabnya ada dalam materi yang diberikan.

“Tentunya harus di ikuti dengan sebaik-baiknya sehingga dalam menjalankan tugas tidak mengalami hambatan walaupun ada hambatan kalian tetap koordinasi, kalau koodinasi itu baik pasti semuanya akan baik,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pihak Ditjen Imigrasi Tinjau PLBN Indonesia-Timor Leste

Dirinya melanjutkan, setelah pelantikan ini, segera lapor diri di kepala desa bahwa sudah di lantik dan bertugas di desa masing-masing. Karena ada beberapa desa yang tidak mau menerima kehadiran PPL di desa.

Sementara itu anggota Panwaslu Kabupaten Makaka, Jhon Seran Suri dalam sambutanya menyatakan momentum hari ini, ada dua agenda yaitu pelantikan dan sekaligus bimbingan teknis dengan memberikan materi kepada angota Petugas Pengawas Lapangan (PPL) desa yang baru dilantik.

Jhon meminta kepada camat, Danramil dan Polisi untuk mendampingi Anggota PPL desa dalam pengawasan pemilu, karena Kecamatan Kobalima Timur terletak di daerah perbatasan.

Dirinya menjelaskan pelantikan hari ini sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 10 tahun 2016 dan tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota. Kiranya amanat yang tertera dalam tugas dan wewenang sebagai PPL membantu Panwaslu untuk menyukseskan pemilihan dan sesuai dengan tugas sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 2017 dengan  melakukan kegiatan pencegahan dan penindakan.

“Kita harus utamakan pencegahan, kiranya hal-hal yang lain tidak ada solusinya harus dikomunikasikan, tentunya ada yang tidak tau dalam perjalanan untuk pemutahiran ataupun pelaksanan, ini bagian dari kita untuk di sosialisasikan. Nanti kita akan bersama KPU untuk menyukseskan pemilu di daerah perbatasan ini.”

Sementara itu ketua Panwascam kecamatan Kobalima Timur, Simon Leto dalam berharap agar PPL bisa menerima dan menjalakan tugas tanla halangan atau hambatan yang terjadi.

Baca Juga :   DPRD Temukan Data Penerima BLT Bermasalah, Wabup Belu Kirim Inspektorat Periksa Pendata

“Kita semua berperan aktif untuk menyukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTT tahun 2018,” tutur Silet sapaan akrabnya itu.

Nama-nama PPL desa se-kecamatan Kobalima Timur antara lain, Desa Alas Utara, Lambertus Samara, Desa Kotabiru, Falentina Mali, Desa Alas, Salomon Mali dan Desa Alas Selatan, Angelina Bete. (pisto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top