HUKUM & KRIMINAL

150 Ton Sabu Gagal Diselundupkan ke Belu, Ini Tindakan Kapolres Belu

AKBP Christian Tobing

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah masuknya narkotika dan obat-obatan terlarang melalui wilayah perbatasan RI-RDTL, Polres Belu memperketat penjagaan di setiap pos polisi perbatasan. Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Belu AKBP Christian Tobing kepada awak media pada, Jumad (23/02/2018).

Dikatakan bahwa diperketatnya personil Polres Belu di wilayah perbatasan disebabkan adanya aksi penggagalan penyelundupan 150 ton bahan dasar Pil PCC di Timor Leste oleh Pemerintah Timor Leste. Barang-barang tersebut rencananya akan dimasukan ke Indonesia melalui pintu perbatasan dan juga melalui jalur laut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, AKBP Christian Tobing telah menginstruksikan kepada jajaran agar setiap pos Polisi di perbatasan diperkuat untuk memperketat penjagaan. Hal ini dilakukan sebagai langkah mencegah masuknya barang haram di wilayah hukum Polres Belu.

Pihak kepolisian Polres Belu juga tengah berupa melakukan preventif, represif, dan penegakan hukum. Tujuannya agar mereka dapat mengelemenir adanya penyimpangan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

“Kita perketat penjagaan dan pengawasan terutama di pintu perbatasan Motaain Kabupaten Belu dan motamasin Kabupaten Malaka, hingga yang tidak memiliki pintu perbatasan telah ditingkatkan pengawasan dan penjagaannya,” urainya.

Langkah antisipasi lainnya yang dilakukan Polres Belu, yaitu meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi yang intens dengan lintas sektor terkait pengamanan wilayah perbatasan. Baginya, perlu adanya sinergitas dalam menangani permasalahan perbatasan sekaligus mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga :   Inilah Kasat dan Kapolsek Dilingkup Polres Belu yang Dimutasi

“Komunikasi yang intens, selain dengan BNN Kabupaten kita juga membangun koordinasi dengan Bea Cukai Atambua, termasuk unsur TNI di perbatasan,” jelas Kapolres Belu.

Selain unsur pemerintahan, Polres Belu juga meminta partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga wilayah perbatasan. Kapolres Belu AKBP Christian sangat berharap agar masyarakat dapat aktif memberikan laporan kepada pihak kepolisian terkait masalah peredaran dan penyelundupan obat-obatan terlarang tersebut. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top