RAGAM

Bangunan Puskesmas Nualain yang Baru Selesai Dikerjakan Nyaris Rubuh

Inilah bangunan Puskesmas Nualain yang rusak berat.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bangunan gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nualain di Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, yang baru selesai dikerjakan sudah rusak berat.

Bangunan yang memakan anggaran Rp 3,6 miliar dari APBN tahun 2017 nyaris rubuh. Padahal, bangunan tersebut baru selesai dikerjakan pada pertengahan November 2017 lalu.

“Puskesmasnya hampir rubuh. Sebagian besar sudah retak dan plafon juga sudah bolong. Padahal bangunan tersebut baru saja selesai dikerjakan dengan dana miliaran rupiah,” ungkap salah seorang warga yang enggan namanya kepada awak media pada, Rabu (28/02/2018).

Ia berharap ada perhatian pemerintah untuk memperbaikinya sehingga dapat memperlancar dan menjamin kenyamanan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

Terpisah, Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Theresia Saik ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler dan pesan WhatsAppnya, Rabu (28/02/2018) sore, membenarkan kerusakan tersebut.

Namun demikian, Kadis Theresia membantah bangunan gedung Puskesmas nyaris rubuh. “Ini tadi tim baru pulang juga. Bangunan tidak rubuh,” kata Kadis Kesehatan.

Dijelaskan, pembangunan Puskesmas tersebut masih dalam pemeliharaan dan pihak kontraktor akan memperbaiki kerusakan yang ada.

“Memang ini masih masa pemeliharaan dan kontraktor sudah buat pernyataan di atas materai untuk memperbaiki,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun media ini, pembangunan gedung Puskesmas Nualain adalah salah satu dari delapan Puskesmas di Kabupaten Belu yang mendapat alokasi anggaran sebagai puskesmas perbatasan.

Baca Juga :   Kang Heru Mendongeng Bagi Para Pengajar dan Anak PAUD Kabupaten Belu di Hari Dongeng Nasional

Adapun alokasi anggaran yang digunakan untuk membangun gedung tersebut sebesar Rp 3,6 miliar dan dikerjakan oleh PT. PCM.

Untuk diketahui, Kabupaten Belu mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 71 miliar lebih pada tahun 2017 lalu untuk pembangunan delapan puskesmas perbatasan.

Puskesmas perbatasan yang dibangun di antaranya Puskesmas Haekesak di Kecamatan Raihat, Puskesmas Weluli di Kecamatan Lamaknen, Puskesmas Nualain di Kecamatan Lamaknen Selatan, Puskesmas Webora di Kecamatan Raimanuk, Puskesmas Laktutus di Kecamatan Nanaet Duabesi, Puskesmas Haliwen di Kecamatan Kakuluk Mesak, Puskesmas Wedomu dan Puskesmas Silawan di Kecamatan Tasifeto Timur. (richi anyan)

Most Popular

To Top