RAGAM

Bupati TTU Resmikan PAM Bertenaga Surya di Desa Banain B

Bupati TTU resmikan PAM Desa Banain B.

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Sau Fernandes meresmikan Perusahaan Air Minum (PAM) Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU.
PAM tersebut dibangun oleh Pemerintah Desa melalui Dana Desa TA 2017, senilai Rp 400 juta.

Bupati Ray sapaan karibnya kepada media ini, Sabtu (17/2/2018) mengatakan, pembangunan jaringan air bersih dengan menggunakan tenaga surya tersebut akan dialirkan ke 117 rumah warga Desa Banain B. Selain itu, air ini juga akan dialirkan kepada beberapa desa tetangga.

“Selain akan dialirkan ke 117 rumah warga Desa Banain B, juga rencananya akan dialirkan ke beberapa desa tetangga diantaranya Desa Banain A, Banain C, hingga ke Desa Faenake,” ujarnya.

Menurut Ray, pembangunan jaringan air bersih oleh Desa Banain B, memanfaatkan Dana desa merupakan langkah yang tepat. Saat ini, Kecamatan Bikomi termasuk daerah yang rawan kekeringan di TTU.

“Dengan dibangunnya jaringan air bersih tersebut, maka tidak menutup kemungkinan Desa tetangga juga akan menikmati air bersih dari Desa Banain B,” tuturnya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten TTU sangat mendukung upaya pembangunan infrastruktur, terutama yang berhubungan langsung dengan khalayak umum, seperti pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Karena itu, apa yang sudah dilakukan oleh Desa Banain B perlu untuk ditiru oleh desa-desa lain yang ada di TTU.

Ray mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga dan melestarikan sumber air tersebut dengan menanam serta membebaskan lahan tersebut, dari hak milik perorangan menjadi hak umum oleh pemerintah desa.

Baca Juga :   Selalu Ada Kasus Baru, Bupati Belu Imbau Masyarakat Taati Prokes

“Jaringan air bersih yang sudah dibangun, agar dimanfaatkan dan dikelola secara baik oleh pemerintah Desa Banain B, sehingga kebutuhan air minum masyarakat dapat terpenuhi,” pintanya. (isto santos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top