EKONOMI

Distan Malaka Transfer Dana Rp 60 Juta untuk Dua Poktan Guna Pengadaan Benih dan Pupuk

Katiadaan air, sawah baru yang dicetak ditanami jagung.

BETUN, Kilastimor.com-Kepala bidang Sarana Prasarana, Dinas Pertanian Kabupaten Malaka, Alfridus Neonbasu menjelaskan, saat ini pemerintah sudah melakukan transfer dana senilai Rp 60 juta untuk kelompok tani (Poktan) Mokbali dan Firman ke masing-masing rekening kelompok tani.

Dana tersebut diperuntukkan untuk membeli benih padi dan pupuk untuk ditanami juga digunakan pada lokasi cetak sawah baru.

Namun karena ketiadaan air papar dia, hingga saat ini lokasi tersebut belum ditanami benih padi. Pihaknya sedang berupaya agar sawah baru bisa dimanfaatkan.

Ia menegaskan, dana tersebut harus digunakan sesuai peruntukannya. Jika tidak, harus dikembali ke kas daerah.

Dirinya mengaku beberapa petani di desa Rabasa ingin menggunakan uang tersebut untuk membeli rundup guna mematikan rumput di lokasi cetak sawah. Namun hal tersebut menyalahi aturan sehingga tidak diperbolehkan.

“Uang itu untuk beli pupuk dan benih tidak boleh pakai beli yang lain. Karena kalau digunakan tidak sesuai peruntukannya harus dikembali,” tegasnya.

Untuk diketahui hingga saat ini uang senilai Rp 60 juta pada dua kelompok tani tersebut belum dimanfaatkan karena ketiadaan air. Para petani sudah melakukan musyawarah bersama kepala desa dan menyepakati dana tersebut baru diambil jika air irigasi sudah bisa mencapai lokasi cetak sawah. (pisto)

Baca Juga :   SBS-WT Deklarasi dan Daftar di KPU Malaka Jumat Mendatang
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top