RAGAM

Ideologi Pancasila Relevan dengan Kehidupan Masyarakat Indonesia

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada mahasiswa Immala, Kupang.

KUPANG, Kilastimor.com-Anggota DPD RI yang juga MPR RI, Abraham Paul Liyanto kembali melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR.

Kali ini, sosialisasi dilakukan kepada Ikatan Mahasiswa Malaka (Immala) Kupang.
Sosialisasi yang digelar Jumat (9/2/2018) tersebut, dihadiri 150 organisasi kemahasiswaan itu.

Paul Liyanto sapaan karib anggota MPR RI itu menjelaskan, empat pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dia menyebutkan, empat pilar MPR RI merupakan pegangan bagi anak bangsa dalam menjaga keutuhan negara.

Disebutkan, Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Dan ideologi ini tidak bisa dirubah oleh siapapun, dan telah teruji selama ini. Selain itu ideologi ini relevan dari waktu ke waktu.

UUD 1945 paparnya, merupakan sumber-segala sumber hukum. Sebab didalamnya mengatur tentang tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. NKRI lanjutnya, merupakan bentuk negara yang ideal untuk menyatukan anak bangsa dari Sabang sampai Merauke dan dari Talaud hingga ke Rote. Bentuk negara ini menyatukan berbagai suku bangsa dari berbagai pulau di Indonesia.

Dia melanjut pilar keempat yakni Bhinneka Tunggal Ika. Anggota DPD RI dua periode itu menjelaskan, Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan yang menyatukan SARA di Indonesia. Semboyan hendaknya terus dijaga, agar setiap anak bangsa bersatu padu membangun Indonesia tercinta. Disebutkan, tanpa empat pilar tersebut, bangsa ini tidak sebesar saat ini. (ferdy)

Baca Juga :   Herman Seran: Penting Libatkan Diaspora Malaka Dalam Membangun Daerah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top