RAGAM

Inilah Prinsip Yonif 743/Psy dalam Menjaga Kedaulatan Bangsa

Satgas Pamtas RI-RDTL ketika melakukan patroli di perbatasan Kobalima Timur dan Timor Leste di Laktutus.

ATAMBUA, Kilastimor.com-“Jangan sampai sejengkal tanah kita diambil oleh Negara lain”. Prinsip inilah yang dipakai oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Salah satu cara menjaga kedaulatan tersebut dengan melakukan patroli patok batas negara RI-RDTL. Patroli patok ini pun dilakukan secara rutin.

“Kegiatan patroli Patok yang rutin dilaksanakan oleh Personel Satgas Pamtas Yonif 743/Psy bertujuan untuk menjaga agar Patok batas Negara tidak bergeser atau di rusak, sehingga harus tahu keadaan Patok tersebut”. Demikian tutur Patop Satgas Yonif 743/Psy Kapten Ctp. Ketut Jimy.

Patok Batas Negara merupakan Patok yang menpunyai Koordinat yang telah di sepakati oleh kedua Negara. Area perbatasan RI-RDTL Sektor Timur sendiri terdapat 554 patok yang terdiri dari PBN, BSP, dan CDBRF mulai dari Pos Motaain hingga Pos Nanaenoe. Jarak dari Pos Motaain hingga Pos Nanaenoe sejauh 122,8 Km.

Hampir semua Patok Batas Negara RI-RDTL berada di pinggiran sungai yang menjadi pembatas kedua Negara, bahkan untuk menemukan 1 Patok saja harus melewati perbukitan, sungai, dan tebing.

Ketut menceritakan, ketika mereka melakukan patroli patok di Area perbatasan Laktutus, dirinya bersama beberapa personil harus bermalam di tengah hutan untuk bisa mencapai titik patok berikutnya.

Baginya, apa yang mereka kerjakan saat ini semuanya hanya untuk NKRI. “Tekad kami, jangan sampai sejengkal tanah kita diambil oleh Negara lain”. (richi anyan)

Baca Juga :   Polsek Malaka Tengah Gelar Operasi Tertib Helm
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top